Share

5 Fakta Pemakaman Ratu Elizabeth II, Antrean Diperkirakan Bakal Panjang

Tim Okezone, Okezone · Selasa 13 September 2022 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 18 2666034 5-fakta-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-antrean-diperkirakan-bakal-panjang-f2C1on0xFC.jpg

JAKARTA - Kerajaan Inggris mengumumkan acara pemakaman Ratu Elizabeth II akan digelar pada 19 September 2022. Saat ini jenazah Sang Ratu masih berada di rumah musim panasnya di Kastil Balmoral, Skotlandia, dimana dia meninggal dunia dengan tenang pada Kamis, (8/9/2022).

Berikut Fakta soal pemakaman Ratu Elizabeth II:

1. Rangkaian Acara

Selama beberapa hari ke depan, bendera di Inggris akan dikibarkan setengah tiang sebelum kembali dikibarkan tiang penuh pada hari pemakaman.

Peti mati kayu ek Ratu Elizabeth, yang diselimuti bendera kerajaan Skotlandia, akan berangkat dari Kastil Balmoral dan melakukan perjalanan dengan mobil ke Istana Holyroodhouse. Mobil jenazah yang membawa peti itu akan melewati desa-desa dataran tinggi terpencil ke ibu kota Skotlandia, Edinburgh, selama perjalanan enam jam yang memungkinkan orang untuk memberikan penghormatan.

Pengumuman kematian Ratu Elizabeth akan dilakukan di Edinburgh, Cardiff, dan Belfast. Sementara penghormatan untuk Sang Ratu di parlemen Inggris, yang telah dimulai pada Jumat, (9/9/2022), juga akan terus berlanjut.

Anggota keluarga kerajaan akan menghadiri upacara di Katedral St. Giles di Edinburgh, Skotlandia, setelah parade upacara dari Holyrood menyusuri Royal Mile. Setelah kebaktian itu, Katedral St. Giles akan dibuka untuk umum selama 24 jam untuk periode disemayamkan (lying in rest) sementara, yang sedikit berbeda dengan persemayaman yang akan dilakukan di Westminster Hall (lying in state).

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Pada Selasa, (13/9/2022), peti mati Ratu Elizabeth akan diterbangkan ke London di mana beliau dibaringkan di ruang takhta Istana Buckingham sebelum dipindahkan ke Westminster Hall. Selama lima hari jenazah Ratu Elizabeth akan disemayamkan di Westminster Hall, sebagai bagian dari upacara besar pertama sebelum pemakaman.

Pada 19 September, saat upacara pemakaman, peti mati Sang Ratu akan dibawa dari Westminster Hall dengan prosesi ke Westminter Abbey. Akan ada waktu mengheningkan cipta selama dua menit di seluruh Inggris.

2. Masyarakat Diberi Kesempatan Berikan Penghormatan Terakhir

Masyarakat umum akan diundang untuk memberikan penghormatan mereka selama persemayaman (lying in state) di Westminster Hall. Di tengah Westminster Hall, yang dapat diakses publik selama dua puluh tiga jam sehari, peti mati akan ditempatkan di atas sebuah catafalque.

3. Diistirahatkan di Samping Makam Mendiang Suami

Ratu Elizabeth II akan diistirahatkan di samping mendiang suaminya Pangeran Philip, yang jasadnya akan dipindahkan dari Royal Vault, tempat dia dimakamkan pada April 2021.

Baik Ibu Suri dan Raja George VI dikebumikan di kuburan yang sama. Jenazah saudara perempuan Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, yang meninggal pada 2002 juga berada di lokasi tersebut.

4. Antrean Panjang Iringi Pemakaman

Peti mati Ratu akan diangkut dengan mobil jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya di sepanjang jalan 37 kilometer yang dipenuhi penonton.

Prosesi upacara yang cukup besar akan mengikuti peti mati ke Hyde Park setelah misa satu jam, di mana peti itu akan dibawa dengan mobil jenazah dan dibawa ke Kastil Windsor. Peti mati akan diturunkan ke ruang pemakaman kerajaan (Royal Vault) pada upacara komitmen yang dilakukan di Kapel St. George, Kastil Windsor, setelah parade melalui Windsor.

5. Sederet Kepala Negara Nakal Hadir

Kepala negara dari seluruh dunia serta anggota keluarga kerajaan Eropa dan tokoh penting lainnya diperkirakan akan menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (12/9/2022) waktu setempat.

Gedung Putih telah mengkonfirmasi bahwa Biden akan menghadiri pemakaman di Westminster Abbey, bersama istrinya, Dr Jill Biden.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern termasuk di antara para pemimpin dunia yang telah mengkonfirmasi kehadiran mereka.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga mengumumkan akan menghadiri pemakaman Ratu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini