Share

Taktik Penyelundupan Narkoba, Pantat Palsu hingga Nanas Isi Kokain

Agregasi BBC Indonesia, · Rabu 14 September 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 18 2666849 taktik-penyelundupan-narkoba-pantat-palsu-hingga-nanas-isi-kokain-quEra7SBbA.jpg Pantat palsu isi narkoba (Foto: BBC )

JAKARTA - Upaya penyelundupan narkoba dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari yang ekstrem hingga cara konvensional dilakukan agar barang haram itu sampai ke pecandunya.

Namun, sepandai-pandainya tupai melompat akan jatuh juga, itulah bandit narkoba. Taktik apapun yang mereka gunakan untuk menyelundupkan narkoba selalu ketahui aparat penegak hukum.

Melansir BBC, ada banyak taktik penyelundupan narkoba, berikut ulasannya:

- Karya seni narkoba 

Polisi Kolombia menemukan 16 kg (35lb) kokain di dalam replika tiga patung karya seniman Fernando Botero pada 2010. Untuk memuluskan penyelundupan, Kokain yang dikirim ke Spanyol dicampur ke dalam tanah liat patung-patung.

Sebuah pernyataan polisi menggambarkan upaya penyelundupan itu sebagai "sistem penyelundupan yang canggih". 

- Pantat palsu 

Trik satu ini terbilang unik, seorang pria Brasil menyelundupkan narkoba ke Portugal pada 2018. Dia membawa 1 kg kokain di dalam sepasang 'pantat palsu' di celananya.

Dua implan yang menyerupai bantal itu melekat pada celana renang, memuat setidaknya 5.000 paket kokain. Namun, upayanya itu digagalkan dan pelaku ditangkap di Bandara Internasional Lisbon.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

- Aksi dua biarawati 

Biarawati dikenal memiliki reputasi yang baik dan bersih, apalagi terkait narkoba. Hal inilah yang dimanfaatkan tiga wanita Kolombia untuk menyelundupkan narkoba.

Pada 2013, tiga wanita dari Kolombia itu menyamar sebagai biarawati. Namun, gagal dan ditangkap dengan 2 kg kokain yang ditempel di tubuhnya di bandara Kolombia. 

- Kargo misterius

Pada tahun 2018, sebuah kapal kontainer besar yang membawa daging dari Brazil akan berlabuh di Pelabuhan Oran di Aljazair bagian barat.

Namun, selama tiga hari kapten kapal menolak untuk berlabuh, membangkitkan kecurigaan dari pemerintah Aljazair. Bertindak sebagai petunjuk, penjaga pantai Aljazair memaksa kapal itu - Merkuri Vega yang terdaftar di Liberia - ke pelabuhan.

Di atas kapal, pihak berwenang menemukan lebih dari 700 kg kokain dalam kotak bertanda "daging halal".

- Nanas berisi kokain 

Semenanjung Iberia dikenal sebagai pintu masuk utama kokain ke Eropa. Namun, operasi penyelundupan narkoba secara selalu digagalkan.

Pada 2018, polisi di Portugal dan Spanyol menyita 745 kg kokain yang tersembunyi di dalam nanas segar. Narkoba itu diselundupkan dari Amerika Selatan.

- Disembunyikan Dalam Wig

Seorang pria tertangkap di Bandara Josep Tarradellas di Barcelona bersama 0,5 kg kokain senilai €30,000, atau sekitar Rp468 juta, ungkap kepolisian.

Pihak berwenang tidak kesulitan menemukan paket narkoba yang disembunyikan. Sebab, secara kentara di bawah wig atau rambut palsu yang dia kenakan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini