Share

Hanya Berjarak 4 Km, Perbedaan Waktu di Kedua Pulau Ini Capai 21 Jam

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Rabu 14 September 2022 00:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 18 2666931 hanya-berjarak-4-km-perbedaan-waktu-di-kedua-pulau-ini-capai-21-jam-xCRRqR0OaD.jpg Kedua Pulau Diomede. (Oddity Central)

MESKI hanya berjarak tak sampai 4 km, kedua pulau ini memiliki perbedaan waktu hingga 21 jam. Fenomena unik ini terjadi diKepulauan  Diomede, yang berlokasi di Laut Bering.

Garis tanggal internasional adalah garis imajiner yang membentang di tengah Samudera Pasifik, menandai perbedaan antara tanggal kalender. Melintasi garis itu dari timur ke barat, perlu menyetel jam maju satu hari. Sementara jika menyeberang dari barat ke timur, Anda akan menyetelnya mundur satu hari.

Garis waktu internasional membentang dari kutub Utara ke Selatan, tetapi tidak lurus; melainkan zig-zag, dengan mempertimbangkan berbagai batasan politik. Kebetulan garis itu melewati tepat di antara Kepulauan Diomedes, memungkinkan untuk terjadinya "perjalanan melintasi waktu" hanya dengan menempuh jarak 3,8 kilometer.

Diwartakan Oddity Central, meski jaraknya sangat dekat, kedua pulau ini berada di dua negara berbeda, dan memiliki perbedaan waktu 21 jam. Saat tengah hari pada hari Kamis di Little Diomede, waktu di Big Diomede menunjukkan pukul 9 di hari Jumat.

Karena jarak mereka hanya beberapa mil, sebenarnya dapat melihat salah satu Diomede dari yang lain, yang secara teknis berarti Anda dapat melihat ke masa depan, atau masa lalu, juga. Biasanya, Anda harus berlayar atau berenang di antara dua Diomedes, tetapi selama musim dingin, sebuah jembatan es diduga terbentuk di antara keduanya, memungkinkan Anda berjalan dari satu ke yang lain.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sayangnya, hal itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena kedua pulau Diomede dipisahkan oleh garis tanggal internasional yang juga bertindak sebagai perbatasan antara Rusia dan Amerika Serikat (AS).

Diomede Besar, atau "Pulau Besok", milik Rusia, sedangkan Diomede Kecil, atau "Pulau Kemarin", adalah wilayah AS.

Perjalanan antara kedua pulau dilarang, dan kapal penangkap ikan asing yang terlalu dekat ke kedua sisi terkadang mendapat tembakan peringatan dari tentara yang berpatroli.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini