Share

Erdogan: Putin Sebenarnya Ingin Segera Akhiri Konflik di Ukraina

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 20 September 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 18 2671249 erdogan-putin-sebenarnya-ingin-segera-akhiri-konflik-di-ukraina-n2Wr1Iz0ah.jpg Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

NEW YORK โ€“ Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa konflik di Ukraina harus segera diakhiri sesegera mungkin. Berbicara dalam wawancara di sela Sidang Majelis Umum PBB, Erdogan mengatakan bahwa dia telah menyampaikan isu ini kepada pemimpin kedua belah pihak, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Turki telah dipuji atas perannya sebagai penengah antara Rusia dan Ukraina untuk menyelesaikan konflik. Salah satu hasil dari upaya tersebut adalah diberikannya akses dari Rusia bagi kapal-kapal Ukraina untuk keluar dari pelabuhan dan melanjutkan ekspor gandum.

โ€œYang ingin kami lakukan dan yang ingin kami lihat adalah mengakhiri pertempuran ini dengan damai, apakah itu Putin, apakah itu Zelensky. Saya selalu meminta dan merekomendasikan ini. Ini adalah konflik yang berakhir dengan korban. Orang-orang sekarat, dan tidak ada yang akan menang di penghujung hari,โ€ kata Erdogan dalam wawancara dengan PBS.

Erdogan mengatakan bahwa dia telah bertemu dengan Putin di Uzbekistan beberapa waktu lalu dan melakukan pembicaraan panjang terkait upaya mengakhiri konflik di Ukraina. Menurut Erdogan, Presiden Rusia itu juga ingin agar konflik segera diakhiri.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

โ€œDia (Putin) sebenarnya menunjukkan kepada saya bahwa dia bersedia untuk mengakhiri ini (konflik di Ukraina) sesegera mungkin. Itu kesan saya, karena keadaan saat ini cukup bermasalah; 200 sandera akan ditukar berdasarkan kesepakatan antara para pihak,โ€ kata Erdogan.

Erdogan juga mengatakan bahwa agar pembicaraan dan kesepakatan damai bisa tercapai, Rusia harus mengembalikan wilayah-wilayah Ukraina yang mereka rebut selama aksi militernya.

โ€œJika perdamaian akan dibangun di Ukraina, tentu saja, pengembalian tanah yang diserbu akan menjadi sangat penting,โ€ ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini