Share

Ketersediaan Air Bersih bagi Warga Kampung Prioritas di Jakarta

Yaomi Suhayatmi, · Rabu 21 September 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 1 2672088 ketersediaan-air-bersih-bagi-warga-kampung-prioritas-di-jakarta-hI9g39bBOY.jpg Program pengembangan dan pengelolaan air bersih agar pelayanan air perpipaan dapat merata. (Foto: okezone.com/Instagram @pamjaya_id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menjalankan program pengembangan dan pengelolaan air bersih, guna mewujudkan keadilan sosial dalam memberikan pelayanan air bersih kepada warganya. Pemprov DKI menugaskan BUMD PAM Jaya untuk melaksanakan program air bersih di Kampung Prioritas.

Program air bersih sangat dirasakan manfaatnya bagi kehidupan warga di salah satu Kampung Prioritas, yakni Tanah Merah, Jakarta Utara. Sebelum air perpipaan PAM Jaya masuk wilayah Tanah Merah, warga mengeluhkan kesulitan mendapatkan air bersih.

"Sekarang akses air bersih sudah bisa kami rasakan. Air lancar, bersih, tidak keruh. Terima kasih PAM Jaya, terima kasih Gubernur Anies," kata salah satu warga di akun YouTube PAM Jaya.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memastikan kebijakan dan ketersediaan air bersih di Ibu Kota. "Kita tahu air bersih ini merupakan hak dasar warga. Manfaat mengenai program pengembangan dan pengelolaan air bersih adalah untuk memastikan pelayanan air perpipaan dapat merata. Sebab, air adalah syarat terjadinya keadilan sosial," jelas Anies.

Pada 2022, PAM Jaya telah melayani air bersih di Kampung Prioritas, yakni Tanah Merah, Kampung Guji Baru, Kampung Sekretaris, Kampung Rawa Timur, Kampung Kerang Ijo, Blok Empang, dan Kampung Enceng.

“Pemilihan ketujuh lokasi itu telah sesuai dengan Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 878 Tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat. Tahun 2022, PAM Jaya telah melaksanakan pelayanan air bersih di Kampung Prioritas,” tutur Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin.

Arief mengatakan, pekerjaan konstruksi di Kampung Guji Baru dan Kampung Rawa Timur akan dilakukan proses flushing dan pemasangan flow meter control. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan sambungan baru. Sedangkan pengerjaan proyek Tanah Merah II sudah mencapai 100% atau setara dengan 27.467 meter.

Sementara, di Kampung Prioritas Kerang Ijo, Kampung Blok Empang, dan Kampung Enceng, sedang dalam proses model ulang (redesign), karena harus menyesuaikan dengan aturan terbaru, yakni Pergub No. 83 Tahun 2021 mengenai Tata Rancang Kota Kawasan Muara Angke.

Warga Tanah Merah kini bisa mengakses air bersih untuk memenuhi kebutuhan harian. (Foto: dok. PAM Jaya DKI Jakarta)

Program Kios Air

Selain memasang pipa, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan air bersih untuk warga dengan program kios air bersih. Ide kios air ini bermula dari keprihatinan Pemprov DKI terhadap keluhan warga yang merasa kesulitan mendapatkan air bersih bagi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pemprov DKI menugaskan PAM Jaya untuk melaksanakan program yang telah dikembangkan sejak 2019 ini. Pada rentang waktu 2019-2020, sebanyak 102 kios air telah dibangun. Tersebar di wilayah-wilayah yang belum dilalui akses perpipaan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

"Tahun ini progres kios air bersih dilaksanakan secara bertahap. Tahap I, sebanyak 35 kios air siap dibangun. Tahap II, sebanyak 35 kios air sedang dalam proses lelang. Tahap III, masih dalam proses pencarian lokasi kios air. Saat ini, sudah terdapat 12 lokasi yang dipastikan akan segera dibangun," jelas Arief.

Pembangunan kios air bersih diharapkan menjadi salah satu solusi berkelanjutan terkait permasalahan krisis air bersih yang dialami warga di beberapa wilayah Jakarta. Air yang disediakan di kios air akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau oleh warga.

Bagi warga Blok Eceng, Muara Angke, Jakarta Utara, yang sering dilanda banjir rob, manfaat fasilitas air bersih dari kios air PAM Jaya sangat terasa. Akibat banjir rob, air di wilayah ini menjadi payau dan tak layak minum. Bahkan, air setengah asin ini pun tidak bisa dipakai untuk mencuci pakaian serta perabot makan minum.

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini