Share

5 Fenomena Langit Unik dan Tak Biasa yang Hebohkan Dunia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 24 September 2022 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 18 2673971 5-fenomena-langit-unik-dan-tak-biasa-yang-hebohkan-dunia-gsrEpyOvLp.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Fenomena langit yang tak biasa pernah terjadi di Indonesia ataupun di luar Indonesia. Peristiwa ini kerap menyita perhatian masyarakat.

Tidak sedikit yang menggunakan handphonenya untuk mengabadikan momen fenomena langit tidak biasa tersebut. Berikut beberapa fenomena langit tak biasa yang pernah terjadi.

 (Baca juga: Hujan Meteor Bisa Dinikmati dengan Mata Telanjang di Petengahan Agustus, Disebut Mirip Kembang Api)

1. Fenomena Langit Hijau di AS

Warga Sioux Falls, South Dakota, Amerika Serikat (AS) dihebohkan dengan adanya fenomena langit yang tiba-tiba berubah menjadi warna hijau. Kejadian ini mendadak viral di media sosial pada Selasa (5/7/2022). Dilansir dari IFL Science, apa yang terjadi di South Dakota merupakan efek cahaya yang dihamburkan oleh es. Cory Martin, ahli meteorologi dari National Weather Service menjelaskan bahwa partikel air atau es dalam badai dengan kedalaman dan kandungan air yang substansial akan menyebarkan cahaya biru. Ketika cahaya kemerahan di atmosfer menerangi tetesan air atau es berwarna biru di awan, maka akan tampak bersinar hijau.

2. Fenomena Langit Pink di Australia

Penduduk di Kota Mildura, Australia dihebohkan dengan fenomena munculnya cahaya di langit berwarna merah muda pada Rabu (20/7/2022). Karena hal itu, banyak penduduk yang mengira bahwa akan datang kiamat. Tapi nyatanya, cahaya berwarna merah muda tersebut berasal dari fasilitas ganja obat lokal. Hal ini langsung disampaikan oleh perusahaan Farmasi Cann Group. Diketahui, tirai salah satu gudang perusahaan tersebut terbuka, sementara lampu LED merah muda yang masih menyala. Akibatnya, muncul tampilan merah muda di langit.

 

3. Fenomena Awan Ungu di Kota Chili

Awan yang muncul misterius dan berwarna ungu membingungkan penduduk hingga pejabat setempat, pada Minggu (21/8/2022) pagi. Awan berwarna ungu cerah itu melayang rendah di atas Pozo Almonte, sebelah utara Amerika Selatan. Pejabat lingkungan setempat belum memastikan dengan benar fenomena tersebut disebabkan oleh apa, tetapi mereka memprediksi bahwa langit tersebut berubah warna menjadi ungu karena adanya kegagalan motor pompa impeller.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Fenomena Langit Merah di China

 

Fenomena langit berwarna merah di China merupakan kejadian langka. Peristiwa ini juga tampak menyeramkan karena menampilkan "langit darah." Fenomena yang muncul di langit daerah Zhoushan, China, pada Sabtu (7/5/2022) ini diabadikan penduduk lokal. Biro Meteorologi setempat menyampaikan bahwa fenomena langit merah tersebut disebabkan oleh pembiasan dan hamburan cahaya, di mana kemungkinan besar dari lampu kapal di pelabuhan.

 

5. Fenomena Langit Ungu di Jepang

 

Fenomena langit ungu di Jepang diketahui sebagai fenomena scattering yang terbukti menjadi pertanda akan terjadinya badai yang mengerikan. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (12/10/2019). Langit berwarna ungu serta merah muda di Jepang menyembunyikan bencana besar yaitu bencana Topan Hagibis yang diperkirakan memiliki kecepatan hingga 160 km per jam di pusatnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini