Share

Hujan Deras Picu Longsor 3 Titik di Gunungkidul

Erfan Erlin, iNews · Senin 03 Oktober 2022 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 510 2679632 hujan-deras-picu-longsor-3-titik-di-gunungkidul-HnUdHexntR.jpg Longsor di wilayah Gunungkidul/Foto: Erfan Erlin

GUNUNGKIDUL - Hujan deras yang melanda kawasan Gunungkidul mengakibatkan longsor di sejumlah titik. Meski tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, namun longsor tersebut menyebabkan sejumlah kerusakan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono menyebutkan berdasarkan laporan yang ia terima ada 3 bencana tanah longsor yang melanda kawasan Gunungkidul. Tanah longsor tersebut terjadi di Kapanewon Patuk, Ponjong dan juga Nglipar.

"Longsornya sporadis. Tidak menimbulkan korban," kata dia, Senin (3/10/2022).

Tanah longsor pertama terjadi di Padukuhan Srumbung RT 20/004 Kalurahan Pengkok Kapanewon Patuk. Longsor menutup akses jalan kampung dengan panjang 7 meter dan tinggi 3 meter. Longsor melanda kawasan tersebut pukul 04.00 WIB.

Kemudian kejadian tanah longsor kedua adalah Kalurahan Kedungpoh Kapanewon Nglipar. Tanah milik Isbani sepanjang 12 meter dengan tinggi 5 meter longsor. Longsor yang terjadi di Kedungpoh Lor RT 04/03 Kalurahan Kedungpoh Nglipar terjadi sekira pukul 05.25 WIB.

"Itu tanah milik masyarakat. Warga sekarang tengah bekerja Bhakti," ujar dia.

Sementara, di Padukuhan Sawur RT 01/01 Kalurahan Sawahan Kapanewon Ponjong, talud sekolahan TK PKK ambrol. Peristiwa ambrolnya talud terjadi sekira pukul 02.30 WIB. Talud tersebut hanya berjarak 1 meter dari bangunan sekolah yang tidak kuat menahan beban.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Panewu Patuk, Martono Imam Santosa menambahkan, tanah longsor di Dusun Ngembes Kalurahan Pengkok. Di mana tanah milik Warso setinggi 25 meter dengan lebar tanah 30 meter dan panjang tanah 45 meter mengalami longsor

"Kerugian perkiraan 30 pohon dengan perkiraan kerugian material Rp 15 juta. Tidak ada korban jiwa dan tidak menutup akses jalan dan sudah ditangani," terang dia. (NAN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini