Share

Calon Petahana Menang di Awal, Warga Brasil Tercengang dengan Hasil Pilpres

Susi Susanti, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680218 calon-petahana-menang-di-awal-warga-brasil-tercengang-dengan-hasil-pilpres-ALsJRu4V4G.jpg Para pendukung calon petahana Jair Bolsonaro dalam pemilihan presiden (pilpres) Brasil 2022 (Foto: AP)

BRASIL - Warga Brasil mengaku kaget dengan hasil pemilihan presiden (pilpres) pada Minggu (2/10/2022) ketika calon petahana Jair Bolsonaro yang berupaya agar dapat kembali menjabat sebagai presiden, memperoleh hasil suara yang besar dalam pemilu tersebut sehingga memaksa berlangsungnya putaran kedua untuk menentukan siapa Presiden Brasil berikutnya.

Hasil tersebut membuktikan bahwa upaya Bolsonaro dalam menunggangi arus kelompok ekstrem sayap kanan telah berhasil. Hasil pemilu Brazil putaran pertama itu juga merupakan contoh lain yang menunjukkan bahwa hasil pemilihan tidak sejalan dengan survei yang dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Pilpres Brasil, Bolsonaro Raih Kemenangan Awal Atas Lula

Sebuah survei publik yang sangat dipercaya sebelumnya menunjukkan bahwa mantan presiden Luiz Inacio Lula da Silva memimpin jauh dalam pertarungan merebut kursi kepresidenan. Survei bahkan menunjukkan bahwa kemungkinan da Silva dapat memenangkan pemilihan dalam satu putaran saja.

Baca juga:  Berlangsung Sengit, Pilpres Brasil 2022 Melaju ke Putaran Kedua

Survei lainnya menunjukkan bahwa da Silva unggul sebesar 14 persen diatas lawannya.

Namun, hasil pemilihan pada Minggu (2/10/2022) itu menunjukkan bahwa Bolsonaro hanya tertinggal lima poin dari da Silva, dan mereka akan bertarung kembali dalam pemilihan putaran kedua pada 30 Oktober mendatang.

“Saya tidak bisa lagi mempercayai survei. Saya rasa Bolsonaro masih akan melakukan banyak hal untuk mengejutkan kami. Saya hanya akan mempercayai hasilnya kalau wasit sudah meniupkan peluitnya pada akhir pertandingan,” kata Fabiano da Gama, seorang warga di Rio de Janeiro yang menggunakan analogi sepak bola dalam pernyataannya, dikutip VOA.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurut otoritas pemilihan Brasil, hasil pemilihan menunjukkan da Silva masih meraih suara terbanyak dengan 48,4 persen, disusul oleh Bolsonaro dengan 43,2 persen. Sembilan kandidat lainnya berbagi sisa suaranya.

Baik pendukung da Silva maupun Bolsonaro yang berbicara dengan Associated Press, pada Senin (3/10) di pusat kota Rio, mengungkapkan kekecewaan dan rasa kaget atas hasil pemilihan tersebut.

Elias Otaviano, seorang pensiunan yang kini berusia 72 tahun yang mendukung da Silva, mengira bahwa kandidat pilihannya akan memenangkan pemilihan tersebut dalam satu putaran saja. Sementara itu, Maria Roseclair, yang merupakan pendukung Bolsonaro, juga menduga kandidat jagoannya akan memenangkan pemilu dalam satu putaran saja atau setidaknya unggul dalam putaran pertama.

Seperti banyak pendukung Bolsonaro, Roseclair tidak percaya pada hasil survei.

Tidak ada kekerasan yang dilaporakan terjadi dalam pemilihan pada Minggu (2/10/2022) itu.

Namun ketegangan tetap melanda Brazil mengingat tingginya pertaruhan dalam pemilihan tersebut.

Pemilihan berikutnya akan menentukan apakah Brasil akan menempatkan kembali seorang politikus sayap kiri di puncak kepemimpinan negara demokrasi terbesar ke empat di dunia itu, atau mempertahankan Bolsonaro untuk satu masa jabatan lagi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini