Share

4 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 05 Oktober 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680340 4-negara-paling-dermawan-di-dunia-indonesia-salah-satunya-vWIGlIzEKA.png Ilustrasi. (Foto: iNews)

JAKARTA - World Giving Index (WGI) yang dirilis oleh Charity Aid Foundation (CAF) pada 2021 memaparkan hasil survei mengenai negara paling dermawan di dunia. Berdasarkan hasil survei tersebut, Indonesia menempati peringkat pertama. Berikut daftar negara paling dermawan di dunia: 

1. Indonesia 

Indonesia mencatatkan skor 69 atau naik dari skor sebelumnya yakni 59 pada 2018. Pada laporan ini, setidaknya 8 orang dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uangnya. Faktor terbesar yang mendorong masyarakat menyumbangkan uangnya lantaran didorong kewajiban berzakat. Pada 2020, pembayaran zakat secara global sangat tinggi.

BACA JUGA: Indonesia Kembali Dikukuhkan Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia

2. Kenya 

Kenya mencatatkan skor 58. Banyak warga Kenya yang secara teratur menyumbangkan uangnya untuk tujuan yang baik. Bahkan mereka menjadi sukarelawan untuk bekerja serta sering membantu orang asing. Hal inilah yang menempatkan Kenya sebagai negara dermawan di dunia nomor dua.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Nigeria

Negara paling dermawan berikutnya adalah Nigeria. Nigeria mencatatkan skor 52. Diperkirakan, Nigeria mempunyai 80.000 organisasi nirlaba. Sebuah survei terhadap 132 badan amal di Nigeria menemukan bahwa banyak yang terlibat dalam menciptakan kesadaran pandemi serta bersedia mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD).

4. Myanmar 

Myanmar tercatat dengan skor 51. Warga Myanmar memberikan uangnya untuk amal, membantu orang asing, hingga menjadi sukarelawan. Kedermawanan warga Myanmar ini dikaitkan dengan kepercayaan, budaya, serta agama. Sejumlah orang Myanmar mempraktikkan agama Buddha Theravada, di mana menurut ajaran tersebut memberi adalah sebuah norma.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini