Share

Gempa Tapanuli Utara Bikin Warga Panik, BMKG: Tetap Tenang!

Robert Fernando H Siregar, Okezone · Kamis 06 Oktober 2022 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 608 2682000 gempa-tapanuli-utara-bikin-warga-panik-bmkg-tetap-tenang-rBbQTljGij.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta kepada seluruh warga di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara untuk tetap tenang usai diguncang gempa dengan magnitudo M4,5.

"Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho, Kamis (10/6/2022).

Diketahui, Gempa Magnitudo 4,5 kembali terjadi di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

BMKG menujukkan bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 2.09 LU dan 98.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km BaratLaut Tapanuli Utara pada kedalaman 2 km.

"Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di dirasakan IV MMI di Tarutung (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi), III MMI di Sibolga, Silangit, Sipahutar, Siborong-borong, Pagaran (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), II MMI di Humbanghasundutan, Dolok Sanggul dan Toba (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," kata Hendro.

Laporan warga menjelaskan bahwa warga setempat berhamburan keluar rumah. Begitu juga dengan beberapa kantor pemerintahan, yang terganggu akibat guncangan itu.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(kha)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini