Share

Asyik Pesta Miras, Puluhan Remaja Usia Belasan Ditangkap Polisi

Ansar Jumasang, Koran Sindo · Minggu 30 Oktober 2022 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 30 609 2697445 asyik-pesta-miras-puluhan-remaja-usia-belasan-ditangkap-polisi-TBCvEJXEOx.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

MAKASSAR - Puluhan remaja usia belasan hingga 20an tahun, ditangkap personel Polsek Makassar, Resor Kota Besar Makassar, Sabtu (29/10/20220) malam.

Mereka diamankan saat tengah asik nongkrong di beberapa titik jalan di Kecamatan Makassar. Beberapa dari mereka bahkan kedapatan berpesta minuman keras (miras).

Bahkan, satu di antaranya berinisial ZC alias Zekar (14) kedapatan membawa senjata tajam jenis busur.

Polisi mengamankan kawanan remaja dan pemuda itu, lantaran dicurigai akan membuat keonaran. Aksi preventif atau pencegahan polisi tersebut, pun memaksa puluhan remaja itu digelandang ke Polsek Makassar. Tidak berselang lama, mereka lalu digiring ke truk Dalmas lalu di bawa ke Mapolrestabes Makassar.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto mengatakan, puluhan remaja muda-mudi diamankan untuk menjaga ketertiban masyarakat.

"Kita amankan sekelompok anak muda yang kita duga itu berpotensi mengganggu ketertiban masyarakat. Untungnya juga personel kita siaga sehingga cepat kita menangani dan diamankan sebanyak 57 orang," kata Kombes Pol Budhi Haryanto, Minggu (30/10/2022).

Untuk langkah hukum yang akan ditempuh, pihaknya mengaku akan mendalami lebih dahulu motif atau tujuan mereka berkumpul. Apakah akan di proses hukum lebih lanjut atau bakal menjalani Restorative Batiniah.

"Sekarang diamankan di Mapolres tentunya kita akan melihat perbuatan mereka kenapa mereka melakukan hal tersebut untuk tindak lanjutnya nanti, kita akan lihat," jelas Budhi.

Dirinya juga bilang, jika saja dalam pemeriksaan sementara, para muda-mudi itu berpotensi untuk dibina, maka Budhi mengatakan akan melakukan pembinaan. Begitu juga jika mereka sudah terlibat tindak pidana berulang, pihaknya mengaku akan memproses hukum lebih lanjut.

"Tentunya kita lakukan kontroling apakah yang bersangkutan bisa untuk dibina atau harus diproses hukum," tuturnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sekedar diketahui, Polrestabes Makassar akhir-akhir ini terus menggalakkan upaya Restorative Batiniah yang mengadopsi penyelesaian perkara lewat Restorative Justice. Menurutnya, Restorative Batiniah tidak hanya memutus perkara hukum dengan jalur damai, tapi lebih dari itu.

Seperti pemulihan kebatinan pelaku tindak pidana melalui serangkaian pembinaan, dan membuat para pelaku menyesali perbuatannya dan tidak menimbulkan dendam satu sama lain.

"Restorative Batiniah itu telah diterapkan sebelumnya terhadap 77 muda-mudi yang ditangkap berpesta miras dua pekan lalu. Mereka dipulangkan ke rumah masing-masing setelah bersimpuh di hadapan orangtuanya lalu menandatangani surat pernyataan tidak akan berbuat kesalahan yang sama," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini