Share

BIN Salurkan Bantuan dan Dirikan Tenda untuk Korban Gempa Cianjur

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 22 November 2022 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 525 2712789 bin-salurkan-bantuan-dan-dirikan-tenda-untuk-korban-gempa-cianjur-BUNRLWEMm4.jpg BIN salurkan bantuan kepada korban gempa Cianjur (Foto: istimewa/Okezone)

CIANJUR - Gempa bermagnitudo (M) 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November 2022. Hingga saat ini dilaporkan terdapat 268 korban meninggal akibat bencana alam tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridman Kamil mengatakan bahwa para korban mayoritas anak-anak dalam bencana gempa Cianjur.

"Mayoritas yang meninggal dunia adalah anak-anak, kita sangat prihatin," kata Ridwan Kamil di Pendopo Bupati Cianjur.

Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Barat (Jabar) langsung mendirikan posko bantuan guna membantu korban gempa Cianjur.

Pendirian Posko Bantuan Binda Jabar di Cianjur, atas perintah Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan, dipimpin langsung oleh Kabinda Jabar Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa Mahks.

Baca juga: BMKG Ramal Gempa Cianjur Akan Melemah dan Berhenti 4 Hari ke Depan

Terdapat tiga posko yang didirikan, tenda pengungsi satu yang berkapasitas 60 orang. Tenda ini berisi pengungsi dari Desa Cijedil sebanyak 57 orang yang terdiri dari laki-laki 20 orang (anak-dewasa), perempuan 24 orang (anak-dewasa), dan anak bayi 13 orang.

Baca juga: Bantu Warga Terdampak Gempa, Pemuda Perindo Jabar Dirikan Posko di Cianjur

Kemudian tenda pengungsi dua dengan kapasitas 25 orang. Serta tenda untuk tenaga kesehatan dalam rangka memberikan bantuan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Binda Jabar juga menyalurkan bantuan logistik dan bahan makanan kepada korban terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat.

“Sebanyak dua truk bantuan logistik dari Mabes BIN sudah sampai di posko, dan akan terus bertambah sesuai kebutuhan lapangan," ujar Kabinda Jabar Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa, Selasa (22/11/2022).

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi 125 kali gempa susulan di Kabupaten Cianjur.

"Update susulan gempa bumi Cianjur M 5,6. Gempa susulan sampai dengan 22 November 2022 pukul 08.00 terjadi 125 gempa," kata Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Selasa (22/11/2022)

BMKG mencatat gempa susulan yang terjadi paling kuat bermagnitudo 4,2 dan yang terkecil bermagnitudo 1,5. "Terbesar M 4,2. Kemudian, terkecil M 1,5," kata Teguh.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini