Share

RSUD Fasilitasi Pengantaran dan Rumah Singgah bagi Korban Gempa Cianjur

Dharmawan Hadi, MNC Portal · Minggu 27 November 2022 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 525 2715636 rs-fasilitasi-pengantaran-dan-rumah-singgah-bagi-korban-gempa-cianjur-7cA2ZeVfps.jpg Korban gempa Cianjur dirawat di RSUD Sukabumi (Foto: Dharmawan Hadi)

SUKABUMI - Kedatangan pasien rujukan korban gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sukabumi mulai menurun. Hingga hari ini, Minggu (27/11/2022) pagi, tidak ada penambahan pasien korban yang masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Menurut Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian RSUD R Syamsudin, Supriyanto mengatakan, total pasien yang masuk dari awal hingga sekarang berjumlah 89 orang. Jumlah korban meninggal dunia 4 orang, pulang ke posko maupun ke rumah masing-masing 27 orang, dan sisa yang dirawat 58 orang.

"Yang dirawat sebagian besar sudah post operasi atau setelah dioperasi, tinggal masa pemulihan, makanya dalam beberapa waktu ini sudah mulai banyak yang bisa dipulangkan," ujar Supriyanto kepada MNC Portal Indonesia.

BACA JUGA:Cuaca dan Gempa Susulan di Cianjur Hambat Pencarian Korban 

Namun, lanjut Supriyanto, jika masih ada kedatangan pasien korban gempa Cianjur, RSUD R Syamsudin tetap siap menerima pasien, selama kapasitas tempat tidur yang disediakan masih memungkinkan.

"Kemudian, untuk yang sudah pulang post operasi, tinggal kontrol saja. Nanti kalau memang di Cianjur masih belum bisa memberikan pelayanan kontrol pasca operasi, mungkin bisa ke sini (RSUD R Syamsudin SH) lewat IGD tanpa rujukan," ujar Supriyanto.

Supriyanto menambahkan, sesuai instruksi dari Plt Direktur RSUD R Syamsudin SH, untuk pasien-pasien yang sudah boleh pulang, akan dibantu untuk kepulangannya dengan diantarkan ke posko atau rumah yang diinginkan oleh pasien yang sudah boleh pulang.

"Kemudian, untuk keluarga yang masih bingung untuk pulang ke mana karena rumahnya rusak terdampak gempa, tadi ada informasi dari pak sekda (Sekretaris Daerah Kota Sukabumi), kami Kota Sukabumi menyediakan juga ruang untuk keluarga yang memang ingin berdiam dulu, ada di BKSDM kemampuan kita sekitar 20 orang, ya semacam rumah singgah," ujarnya.

BACA JUGA: Getaran Gempa M4,6 Pangandaran Terasa hingga Sukabumi 

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini