Share

Sembilan Hari di Pengungsian, Kesehatan Korban Gempa Cianjur Mulai Menurun

Arif Budianto, MNC Portal · Selasa 29 November 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 525 2716923 sembilan-hari-di-pengungsian-kesehatan-korban-gempa-cianjur-mulai-menurun-9csrWvQ42H.jpg Korban gempa Cianjur/Foto: Antara

CIANJUR - Kesehatan warga korban gempa bumi di Cianjur mulai menurun, pascagempa bumi magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022). Tim medis menemukan berbagai penyakit diderita warga korban gempa.

Laporan Tim Medis PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) yang bertugas di posko menjumpai beberapa gangguan kesehatan masyarakat dengan kondisi sarana dan prasarana yang minim di pengungsian.

 BACA JUGA:Sidang Pembunuhan Brigadir J, Hakim: Luar Biasa Sekali Perkara Pembunuhan, LP Dibuat Berdasarkan Pesanan!

Kalangan lansia mulai merasakan keluhan seperti tubuh terasa pegal dan sendi terasa linu, hal ini dikarenakan alas tidur yang mereka gunakan menyatu dengan alam. Selain itu para lansia juga mengalami nyeri lambung dikarenakan pola makan yang tidak teratur serta asupan gizi yang kurang baik.

Tak hanya lansia, anak-anak di pengungsian mulai mengalami diare dikarenakan faktor kebersihan yang minim, serta demam karena pola tidur dan gizi yang kurang seimbang.

 BACA JUGA:Para Korban Gempa Cianjur Pilih Eksodus ke Kabupaten Bogor

dr. Yan Fernandez Sembiring Sp.EM dari RS Pelni yang menjadi bagian Tim Medis IHC menyampaikan dari segi kesehatan warga di pengungsian memerlukan perhatian khusus mengingat setiap orang memiliki keluhan yang berbeda. Saat itulah penting bagi tim medis untuk memahami kondisi pasien ketika melakukan penanganan di posko pelayanan kesehatan setempat.

“Kami menemukan beberapa kasus seperti bayi dengan pneumonia berat dan korban bencana dengan luka yang tidak terawat. Sangat penting bagi kami menentukan apakah korban masih dapat ditangani di posko pelayanan kesehatan setempat atau perlu dirujuk ke rumah sakit terdekat,” ujarnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Penanganan kegawatdaruratan saat bencana menjadi prioritas agar kedepannya kesehatan warga dapat tetap terjaga. Guna mengantisipasi keluhan kesehatan yang dialami warga, Tim Medis IHC melakukan berbagai upaya untuk mengurangi risiko munculnya penyakit pasca terjadinya bencana.

Sejumlah tindakan mulai dari pemeriksaan kesehatan berkala, pemberian paket obat Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), paket pengobatan sendi, paket perawatan bayi, paket pengobatan alergi, paket kebersihan mulut, hingga paket untuk menjaga kebersihan tangan (hand hygiene) diberikan kepada warga sebagai bentuk pencegahan timbulnya penyakit.

Tim Medis IHC juga memberikan vitamin bagi anak dan dewasa agar dapat menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan metabolisme selama bertahan di pengungsian.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini