Share

Minim Air Bersih, Pengungsi Gempa Cianjur Terserang Penyakit

Cahyat Supriatna, MNC Media · Selasa 29 November 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 525 2717210 minim-air-bersih-pengungsi-korban-gempa-cianjur-terserang-penyakit-4Hw2kJZ1dj.jpg Pengungsi Gempa Cianjur (Foto: Cahyat Supriatna)

CIANJUR - Ratusan pengungsi di Kampung Nayantong, Desa Nyalindung, Cianjur, Jawa Barat mulai terserang penyakit. Mereka terserang traumatik yang menyebabkan penyakit darah tinggi, demam, diare, gangguan saluran pernapasan dan gatal-gatal.

Pengungsi yang terserang penyakit didominasi anak-anak dan lansia. Hal itu akibat tenda pengungsian yang kurang layak dan minimnya air bersih.

Para pengungsi yang sakit pun langsung mendapatkan penanganan dari tim medis pos kesehatan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat kepada anak-anak dan lansia.

Sementara tercatat pengungsi di Kampung Nyantong, Desa Nyalindung, Kecamatan Cugenag, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tercatat ada sebanyak 600 pengungsi dalam satu titik pengungsian.

Tim Medis, Azhar mengatakan, mayoritas yang terserang penyakit adalah anak-anak dengan keluhan demam, diare dan gatal-gatal. Sementara lansia dengan keluhan sakit kepala demam dan batuk-batuk. Total dari lansia yang merasakan keluhan mencapai 100 orang dan anak-anak 50 orang.

Kondisi penampungan yang kurang layak dan minimnya air bersih menjadi pemicu para pengungsi terserang berbagai penyakit

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini