Share

Power House PLTMH Cirompang Rusak Berat Akibat Kebocoran Pipa, Kerugian Capai Rp2 Miliar

Fani Ferdiansyah, Koran Sindo · Selasa 29 November 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 525 2717217 power-house-pltmh-cirompang-rusak-berat-akibat-kebocoran-pipa-kerugian-capai-rp2-miliar-Nm7YrxituK.jpg Power House PLTMH Cirompang rusak akibat pipa bocor/Foto: Polsek Bungbulang

GARUT - Pipa Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Cirompang, di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dilaporkan mengalami kebocoran. Kebocoran pipa mengakibatkan semburan air yang merusak power house PLTMH Cirompang.

Kapolsek Bungbulang Iptu Usep menyebut, peristiwa bocornya pipa di PLTMH yang berlokasi di Kampung Rancateureup RT03 RW14, itu terjadi sekira pukul 14.20 WIB. Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebocoran yang terjadi saat para pegawai tengah bekerja tersebut.

 BACA JUGA:Momen Jokowi Dikawal Panglima Jilah, Pemimpin Pasukan Merah Suku Dayak di Tanah Borneo

"Telah terjadi kebocoran pipa dengan dampak munculnya semburan air yang merusak power house PLTMH Cirompang dan lokasi di sekitaran pipa tesebut. Untuk korban jiwa nihil," kata Iptu Usep, Senin (28/11/2022).

Upaya pengendalian kebocoran, lanjutnya, adalah dengan menutup sumber air yang memasok ke PLTMH tersebut. Sambil melaksanakan cek TKP, aparat kepolisian membantu pegawai PLTMH membersihkan puing-puing di sekitar lokasi.

 BACA JUGA:Minim Air Bersih, Pengungsi Korban Gempa Cianjur Terserang Penyakit

"Sementara ini, perlengkapan power house PLTMH Cirompang rusak berat dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp2 miliar," sebut Iptu Usep.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Melansir laman Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, pembangkit listrik ini memanfaatkan aliran sungai Cirompang yang dibendung. PLTMH tersebut dibangun oleh PT Tirta Gemah Ripah, yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Listrik yang dihasilkan dari PLTM Cirompang kurang lebih sebesar 47,6 GWH per tahun, dengan memenuhi kebutuhan listrik masyarakat sekitar 8.000 kepala keluarga (KK) atau 2 kecamatan di sekitar lokasi PLTMH.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini