Share

Makan Belalang Bulus, Warga Gunungkidul Tewas

Erfan Erlin, iNews · Senin 05 Desember 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 510 2721093 makan-belalang-bulus-warga-gunungkidul-tewas-AvOJ5r8Bv8.jpeg Illustrasi (foto: freepick)

GUNUNGKIDUL - Pasangan suami istri asal Dusun Selorejo RT 003/RW 001 Kalurahan Sodo Kapanewon, Paliyan Gunungkidul, Kisman (76) dengan Musri (53). Keduanya mengalami muntah-muntah berkepanjangan sejak Sabtu 3 Desember 2022 siang.

Keduanya sempat dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan hingga Minggu 4 Desember 2022 dinihari sebelum akhirnya dibawa pulang dan dirawat oleh keluarganya. Namun nyawa Musri tak bisa diselamatkan meskipun keluarga sudah memberinya kelapa muda.

Musri meninggal dunia pada Senin (5/12/2022) sekira pukul 03.30 WIB dini hari. Musri kemudian dimakamkan di pemakaman umum Dusun tersebut Senin siang.

"Korban meninggal diduga keracunan belalang bulus yang sebelumnya dimakan pada Sabtu, (2/12) lalu," kata Kapolsek Paliyan, AKP Solechan.

Solechan menyampaikan, Sabtu 3 Desember 2022 pagi, korban bersama suaminya, Kisman pergi ke ladang jagung yang berada di Dusun Giring. Mereka menunggui tanaman jagung dari seraangan monyet.

Saat menunggui ladang jagung itulah, mereka menemukan dan menangkap beberapa ekor belalang bulus untuk dimakan. Korban memasak belalang hasil tangkapannya tersebut di gubuk.

"Nah pas tengah hari sekira pukul 12.00 WIB korban dan suami memakan belalang tersebut,” terang kapolsek.

Saat itu korban memakan tiga ekor, sementara suaminya memakan 1 ekor saja. Awalnya tidak ada hal yang mencurigakan karena mereka tidak merasakan apa-apa. Namun Sekira pukul 14.00 WIB korban mengalami mual dan muntah-muntah.

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah itu, sekitar pukul 16.00 WIB korban pulang ke rumah bersama bersama suaminya. Karena gejala muntah-muntah tak kunjung reda pada pukul 20.00 WIB oleh keluarganya, korban dan suaminya dibawa ke RSUD Wonosari.

“Korban dan suami mendapat perawatan medis. Dokter juga mengambil sample darah untuk di cek lab. Pada hari Minggu tanggal 4 Desember 2022 korban dan suami dibawa pulang oleh keluarga,” imbuh AKP Solechan.

Pada saat perawatan di rumah menurut, sebagaimana keterangan pihak keluarga, korban dan suami masih sering muntah-muntah. Pihak keluarga berinisiatif memberi minum air kelapa muda hijau dan Pocari Sweat hingga habis 2 botol.

“Pada hari Senin sekitar pukul 03.05 WIB dini hari korban meninggal dunia,” tukas kapolsek.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini