Share

Upaya Mereduksi Potensi Konflik, Obrolan Lintas Agama Harus Sering Dilakukan

Aan haryono, Koran Sindo · Senin 05 Desember 2022 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 519 2721195 upaya-mereduksi-potensi-konflik-obrolan-lintas-agama-harus-sering-dilakukan-R9FSAJHb3N.JPG

SURABAYA - Diskusi produktif dalam rangka mempererat persatuan harus bisa dilakukan lebih intensif. Semua itu dilakukan untuk bisa menambah persatuan dan menyebarkan hal baik bagi masyarakat.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov Jatim, Benny Sampirwanto Beni Sampirwanto menuturkan, komunikasi lintas agama harus dilakukan lebih intensif. Sehingga bisa mereduksi konflik sosial di masyarakat.

“Di Jatim sendiri ada 7 suku, 6 agama dan 1 kepercayaan. Semuanya terus dirawat untuk hidup rukun dan terus berdampingan,” kata Benny di sela-sela Diskusi Ilmiah Menggali Mutiara Para Bijak Bestari untuk Memperkokoh Persatuan Bangsa di Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, Senin (5/12/2022).

Ia melanjutkan, indeks kerukunan umat beragama sebesar 77% di Jawa Timur. Data ini yang tertinggi di Indonesia. Pihaknya ingin terus tradisi baik dalam merawat persatuan bisa terus dilakukan.

Sementara itu, Ketua Nahdlatul Wathan Dr Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi yakin keberagaman yang ada di Indonesia masih terus bisa membawa persatuan dalam satu keluhuran demokrasi.

“Islam memberikan ruang berbangsa dan bernegara. Ada ruang untuk berbudaya, bersosial, bernegara maupun berkehidupan lainnya,” kata TGB

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini