Share

Kremlin: Penghargaan 'Person of the Year' ke Presiden Ukraina Cerminkan Tren 'Russophobia'

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 18 2724110 kremlin-penghargaan-person-of-the-year-ke-presiden-ukraina-cerminkan-tren-russophobia-uoV8KbxTyr.jpg Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Foto: AP)

MOSKOW - Kremlin pada Kamis (8/12/2022) mengatakan keputusan majalah Time yang memilih  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebagai ‘Person of the Year’ mencerminkan tren ‘Russophobia’ di negara-negara Barat.

"Garis editorial publikasi tidak melampaui arus utama Eropa, yang benar-benar buta, anti-Rusia, dan sangat takut terhadap Russophobia," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dikutip AFP.

Komentar tersebut muncul setelah Zelenskyy dinobatkan sebagai ‘Person of the Year’ oleh majalah tersebut pada Rabu (7/12/2022) dan orang "Paling Berpengaruh" di Eropa oleh Politico pada Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Volodymyr Zelensky Dinobatkan Sebagai Person of the Year 2022 Versi Majalah Time

Time mengatakan pilihannya untuk mencalonkan Zelensky adalah "yang paling jelas dalam ingatan", memuji keputusan pemimpin untuk tetap di Kyiv dan menggalang kekuatan negaranya di tengah serangan Rusia.

Baca juga:  Elon Musk Jadi Person of The Year 2021, Ini Alasannya

Operasi militer yang dilancarkan Rusia telah terbukti transformatif bagi mantan komedian berusia 44 tahun itu. Namanya melambung usai negaranya mengalami invasi Rusia sejak Februari lalu. Dia menjadi pembawa standar oposisi terhadap pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Dia juga telah menggalang dukungan Barat untuk negaranya dalam panggilan dan pertemuan asing hampir setiap hari.

Putin, yang pernah menjadi ‘Person of the Year’ pada 2007, semakin terisolasi dari Barat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini