Share

Uranium Ditemukan di Bandara Heathrow London, Media Inggris Klaim Ada 'Rencana Nuklir'

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 13 Januari 2023 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 13 18 2745549 uranium-ditemukan-di-bandara-heathrow-london-media-inggris-klaim-ada-rencana-nuklir-ba4bwVgd4X.jpg Foto: Reuters.

LONDON - Polisi kontraterorisme Inggris sedang menyelidiki kedatangan pengiriman yang terkontaminasi uranium di Bandara Heathrow London. Insiden itu memicu gelombang peringatan melalui media lokal.

Berita pencegatan pengiriman, yang berlangsung pada 29 Desember, pertama kali dilaporkan oleh tabloid The Sun. Outlet itu menggambarkan penemuan itu sebagai "rencana nuklir" yang digagalkan,

Pada Selasa, (10/1/2023) surat kabar itu mengklaim bahwa "pengiriman mematikan" itu berasal dari Pakistan, dan dikirim melalui Oman ke seorang warga negara Iran di Inggris, demikian diwartakan RT

Namun, Polisi Metropolitan London mengatakan kepada wartawan bahwa "sejumlah kecil bahan yang terkontaminasi" diidentifikasi oleh petugas Pasukan Perbatasan selama pemeriksaan rutin, yang mendorong penyelidikan kontraterorisme.

BACA JUGA: Rusia Tuduh Ukraina Gunakan 'Bom Kotor' untuk Menyerang, Presiden Zelensky 'Naik Pitam'

Komandan Richard Smith dari departemen kontraterorisme Met mengatakan bahwa paket tersebut “tampaknya tidak terkait dengan ancaman langsung apa pun,” dan “telah dinilai oleh para ahli sebagai tidak menimbulkan ancaman bagi publik.”

Mengutip sumber anonim, BBC melaporkan bahwa uranium ditemukan dalam pengiriman besi tua, dan itu bisa saja berakhir di sana sebagai akibat dari "penanganan yang buruk."

Follow Berita Okezone di Google News

Laporan The Sun memicu kepanikan media di Inggris. Tabloid tersebut mengutip seorang mantan komandan pertahanan nuklir yang mengatakan bahwa bahan itu mungkin "digunakan dalam bom kotor", dan "mantan panglima militer" lainnya mengatakan bahwa bahan itu mungkin dimaksudkan untuk digunakan dalam "rencana pembunuhan".

Daily Mail mengklaim bahwa penyelidik mengikuti sudut "bom kotor", sementara Daily Express menggambarkan insiden itu sebagai "uji coba" untuk rencana pengeboman yang sebenarnya, mengutip seorang pakar keamanan.

Namun, tidak ada bukti untuk salah satu dari klaim ini, dan Smith mengatakan bahwa insiden tersebut membuktikan bahwa proses penyaringan di Heathrow berjalan sebagaimana mestinya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini