3 Gunung Api di Flores Aktif Normal

|

KUPANG - Tiga gunung berapi, masing-masing Gunung Lewotobi Laki-laki, Lewotobi Perempuan, dan Ilewerung di Pulau Flores dan Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam  kondisi aktif normal.

Menurut hasil pengamatan Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi dan Ilewerung, belum ada gejala peningkatan aktivitas dari ketiga gunung api tersebut.

Secara visual, hembusan asap dari kawah dengan awan putih tipis mencapai 15-25 meter disertai tekanan gas lemah.

Sedangkan hasil rekam alat seismograf yang dipasang pada ketiga gunung berapi itu menyebutkan bahwa dalam beberapa pekan terakhir terjadi gempa tektonik jauh sebanyak 42 kejadian, gempa tektonik lokal 1 kejadian, gempa vulkanik A 19 kejadian dan gempa tektonik B 191 kejadian.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekertariat Daerah NTT Eduard Gana, dalam siaran persnya Rabu (21/11/2007) mengatakan, kondisi normal aktif tersebut mengindikasikan bahwa belum ada tanda-tanda letusan sehingga masyarakat disekitar lereng gunung berapi tersebut dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa.

"Umumnya semburan asap mengarah ke bagian utara dan jauh dari pemukiman penduduk," ujar Eduard.

Sementara itu, berdasarkan hasil pengamatan secara visual, pengukuran suhu dan pemeriksaan puncak gunung berapi Kelimutu yang memiliki danau tiga warna di Kabupaten Ende oleh Pos Pengamatan Gunung Kelimutu bahwa status gunung tersebut dalam kondisi normal aktif.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Kelimutu Usman Baharmin, dalam laporannya kepada Gubernur NTT Piet A Tallo menyebutkan bahwa tiga kawah gunung masing-masing kawah I warna air coklat, bualannya tampak jelas, tekanan lemah, dan bau gas belerang tidak tercium.

Kawah II warna air hijau muda, endapan belerang bertebaran dipermukaan air, bau gas belerang tercium lemah. Kawah tiga warna air hijau tua, air danau kawah tenang, endapan belerang dan bualan tidak tampak.

(jri)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Setiap Hari, SAS Habisi Delapan Anggota ISIS