SBY Instruksikan Percepat Inventarisarsi Kekayaan Budaya

JAKARTA - Malaysia langganan mengklaim kebudayaan asli Indonesia, sebab itu upaya untuk mematenkan hak cipta kekayaan bangsa itu harus segera dilakukan, agar negeri Jiran itu tak punya kesempatan berulah.

"Indonesia tidak boleh tertinggal dan harus kita lakukan langkah-langkah yang lebih serius lagi ke depan agar demikian karya atau ciptaan dari putra-putri Indonesia dipatenkan dan disahkan hak ciptanya.Saya sudah menyampaikan kepada menteri-menteri terkait dalam hal ini Menteri Hukum dan HAM, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata," kata SBY menanggapi klaim Malaysia terhadap tari Pendet, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/8/2009).

SBY juga meminta para gubernur dilibatkan untuk segera melakukan percepatan inventarisasi dari karya anak bangsa yang banyak sekali di daerah-daerah.Dengan demikian nantinya hak cipta itu akan dibawa ke tingkat dunia sebagai bagian dari global heritage.

"Tapi saya masih melihat kelambatan di sana sini, saya sudah meminta kepada menteri hukum dan ham birokrasinya supaya lebih cepat lagi. Demikian juga kementerian yang lain, para gubernur saya minta lebih aktifmemfasilitasi dan membantu agar karya seniman kita budayawan kita baik yang masih ada dan sudah tidak ada harus segera kita sahkan karyanya dan menjadi kekayaan Negara kita," pungkas SBY.

(fit)
Live Streaming
Logo
breaking news x