53 Titik Api, Kebakaran Hutan di Riau Makin Parah

Jum'at, 18 Februari 2011 17:17 wib | Banda Haruddin Tanjung - Okezone

Ilustrasi (Foto: Daylife) Ilustrasi (Foto: Daylife) PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di Riau semakin parah. Data dari satelit NoaA 18 terpantau sedikitnya ada 53 titik api. Data ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Titik api (hotspot) itu ditemukan di 11 kabupaten dan kota di Riau. Kebakaran terbanyak ditemukan di Kabupaten Indragiri Hilir yakni sebanyak 17 titik. Kemudian disusul Kabupten Bengkalis dan Siak, masing-masing sembilan dan tujuh titik api.

Sementara dekapan kabupaten lainnya masing di bawah enam titik. Kebakaran hutan ini tentunya berdampak pada timbulnya kabut asap yang semakin menebal di Riau. Dampak negatif yang paling dirasakan adalah menggangu aktivitas dan kesehatan masyarakat.

"Sebanyak 53 titik api itu memang merupakan terbayak di Riau selama hampir 3 pekan. Pada hari-hari sebelumnya di bawah 25 titik api,” ungkap staf Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Maezuki kepada okezone, Jumat (18/2/2011).

Selain Riau, kebakaran hutan dan lahan juga masih terjadi di berbagai provinsi di Sumatera. Dari ujung Aceh ditemukan ada empat titik api, begitu juga dengan Sumatera Barat yakni empat titik, Bengkulu tujuh titik.

Kemudian Sumatera Utara dan Sumatera Selatan masing-masing lima titik api. Sedangkan untuk Jambi ada enam titik api, Kepri dan Bangka Belitung masing-masing hanya satu titik.

Sedangkan secara keseluruhan titik api yang terdeteksi di Suamtera berjumlah 86 titik. Sedang saat ini indek penyulutan api masih tinggi sehingga lahan mudah terbakar. “Jadi kami imbau agar warga tidak melakukan aksi pembakaran,” ujarnya.
(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »