Merah Putih Berkibar di Gunung Sibayak

Upacara bendera di Gunung Sibayak (Foto: Risna/okezone)

Merah Putih Berkibar di Gunung Sibayak
TANAH KARO - Udara dingin di puncak Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terasa begitu menusuk tulang. Seratusan orang yang mendirikan tenda di sana, terlihat mulai mempersiapkan acara yang akan digelar sekira pukul 09.00 WIB.

Mereka akan melangsungkan pengibaran bendera merah putih, merayakan HUT ke-66 RI yang jatuh hari ini.

Tiang bendera berwarna putih yang terbuat dari besi, beramai-ramai mereka dirikan. Penopangnya yang merupakan tumpukan semen, telah mereka persiapkan sejak sehari lalu.

Sebagian dari mereka yang masih tertidur di tenda, satu persatu menuju area upacara begitu mendengar suara pliut dari seorang komando. Pertanda upacara akan segera dimulai.

Mahasiswa dan mahasiswi pencinta alam tersebut, begitu hikmat melangsungkan upacara bendera yang terbilang sederhana tersebut. Nyanyian lagu Indonesia Raya, membahana di puncak gunung yang berketinggian 2094 Mdpl tersebut. Padahal sebagian dari mereka sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Puasa tidak menghalangi kita untuk menunjukkan rasa nasionalisme, kecintaan kepada tanah air Indonesia," kata Pusat Koordinasi Daerah Mapala Sumut, Himpawan Siregar di puncak Sibayak usai menggelar upacara bendera, Rabu (17/8/2011).

Upacara yang berlangsung lebih kurang 30 menit tersebut, sama sekali tidak ada pengurangan dalam pelaksanaannya. Seperti pembacaan teks proklamasi, UUD 45, Pancasila  beserta pembacaan doa.

Upacara tahunan yang telah dipersiapkan sejak sebulan lalu ini, diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi dari puluhan universitas di Sumut.

"Sudah sejak sebulan lalu kita persiapkan ini. Kita mulai mendirikan tenda dari semalam. Rencananya kita akan turun besok," tandasnya. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Romy Pesimis SDA Bisa Gelar Muktamar Tandingan