Gajah Mati Diracun, Belalai & Gading Dipotong

|

Gajah mati di Sampoiniet, Aceh Jaya (Foto: Okezone/Salman Mardira)

Gajah Mati Diracun, Belalai & Gading Dipotong

BANDA ACEH - Seekor gajah Sumatera ditemukan mati mengenaskan di sungai dangkal di perkebunan warga Gampong Pante Kuyuen, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya.

Bangkai gajah berusia sekira 20 tahun itu ditemukan tanpa gading. Belalai juga sudah terpisah dari tubuhnya. Diduga, belalai sengaja dipotong pelaku agar mudah mengambil gadingnya.

“Gajah ini diperkirakan sudah mati sejak lima hari, tetapi kami baru tahu kemarin,” kata Armidi, petugas Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Jaya saat dihubungi Okezone, Rabu (16/5/2012).

Gajah liar itu, lanjut dia, diduga mati diracun. Ini diketahui dari kotoran gajah nahas itu. “Kalau tidak kena racun, kotoran gajah biasanya tidak berbelatung,” jelas Armidi.

Bangkai binatang dilindungi itu mulanya ditemukan warga yang hendak ke kebun. Lokasinya sekira satu kilometer dari permukiman penduduk.

Temuan gajah mati ini merupakan kali kedua sepanjang Mei 2012 di Aceh Jaya. Pada awal bulan, seekor gajah betina ditemukan tewas diracun di Krueng Ayon, Kecamatan Sampoiniet.

Konflik gajah dengan manusia tergolong tinggi di Aceh Jaya. Gajah yang habitatnya sudah terganggu sering masuk ke perkampungan dan memakan tanaman warga.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bisa Hangatkan Polisi, Mazda CX-5 Dijadikan Mobil Patroli