Panggil Yusril, Bukti SBY Rangkul Lawan Politiknya

|

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Panggil Yusril, Bukti SBY Rangkul Lawan Politiknya

JAKARTA - Pengamat Politik The Habibie Center, Bawono Kumuro mengatakan pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Yusril Ihza Mahendra. bisa dimaknai beberapa hal. Selain memang dalam pertemuan tersebut membahas kasus Gubernur non aktif Provinsi Bengkulu Agusrin Najamudin, pertemuan tersebut juga mengajarakan bahwa pemerintahan saat ini tidak absolut.

"Pertemuan SBY dan Yusril pasti terkait dengan soal Agusrin, ada beberapa hal yang bisa dimaknai dari pertemuan itu, SBY mengajarkan kepada kita semua bahwa posisi sebagai kepala pemerintahan tidaklah absolut," ucapnya saat berbincang dengan Okezone melalui sambungan telepon, Sabtu (19/5/2012).

Kata Bowo sapaan akrabnya, jika ada keputusan dari lembaga yudikatif yang mengoreksi kebijakan eksekutif maka Presiden harus menaati. "Sebuah hal yang tidak mungkin kita temui di masa lalu," tambahnya.

Presiden SBY, lanjut Bowo, memberi pelajaran penting bagaimana seharusnya menjadi politisi sekaligus negarawan.

"Dia (SBY) tidak segan-segan mengajak dialog lawan politiknya, dalam hal ini Yusril. Setiap kali terjadi ketegangan Presiden SBY langsung mencairkannya dengan mengajak berdialog," tuturnya.

Bowo pun mengatakan, seperti dulu halnya ketika Taufik Kiemas masih sangat berseberangan dengan Presiden SBY, dialog pun dilakukan.

(sus)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mata Kuliah "The Simpsons" Jadi Favorit