Relawan MER-C ke Gaza Kawal Pembangunan RSI Tahap 2

Sabtu, 21 Juli 2012 21:01 wib | Muhammad Saifullah - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Sebanyak empat relawan dari Divisi Konstruksi Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) pada Jumat 20 Juli 2012 malam bertolak ke Gaza, Palestina. Keberangkatan Wanto, Sariyo, Sumadi dan Mulyadi, menandai akan dimulainya pembangunan tahap kedua RS Indonesia di Jalur Gaza.
 
Pembangunan ini akan meliputi pekerjaan Arsitektur dan Mekanikal Elektrikal rumah sakit. Keberangkatan para relawan insinyur dan teknis ke Gaza ini juga merupakan bukti komitmen jihad para profesional.
 
“Insya Allah pembangunan RSI akan terus berlanjut. Keempat relawan teknis MER-C, Pesantren Al Fatah, Cileungsi berangkat ke Gaza dalam rangka memenuhi komitmen jihad para profesional,” ungkap Ketua Presidium MER-C dr Joserizal Jurnalis dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (21/7/2012).
 
Ketua Divisi Konstruksi MER-C Faried Thalib mengatakan, empat relawan yang dikirim merupakan tim awal untuk pembangunan RSI tahap 2. “Pekerjaan tahap kedua ini akan melibatkan lebih banyak relawan dari Indonesia sehingga rencananya akan ada Tim Teknis lanjutan yang akan diberangkatkan ke Gaza," ujarnya.
 
Sementara itu, keempat relawan mengaku bersyukur terpilih dan dipercaya untuk menjadi Tim pembangunan RS Indonesia di Gaza. Mereka semuanya berasal dari Pesantren Al Fatah. Mereka mengaku sudah mendaftar untuk mengikuti misi pembangunan RS Indonesia ke Palestina sejak 2009 lalu.
 
Ini merupakan pengalaman pertama bagi para relawan untuk misi tugas ke luar negeri. Ada perasaan was-was dan takut karena biasanya mereka turun membantu menjadi relawan untuk wilayah bencana di dalam negeri. “Saya pernah ikut jadi relawan sewaktu bencana gempa di Yogyakarta,” aku Wanto selaku Ketua Tim.
 
Sementara Sumadi, pernah menjadi relawan sewaktu bencana gempa melanda Padang Sumatera Barat. “Ada perasaan takut, tapi Insya Allah niat kami sudah tulus. Semoga amanah tugas ini kelak menjadi amal sholeh kami,” ungkap Mulyadi.
 
Tim dijadwalkan tiba di Kairo, Mesir pada Sabtu (21/7/2012). Dari Kairo, Tim akan langsung menuju Perbatasan Rafah yang merupakan akses masuk ke Gaza. Berbekal surat izin yang telah dikantongi dari Kementerian Luar Negeri Mesir, tim berharap bisa langsung masuk ke Gaza pada hari ini juga. Sementara, tiga relawan MER-C di Gaza Abdillah Onim, Nur Ikhwan Abadi dan Muhammad Husein telah siap menyambut kedatangan Tim teknis ini.
 
Dari Rp 30 miliar dana yang dibutuhkan untuk pembangunan fisik RSI, sampai dengan tanggal pertengahan Juli 2012, telah terkumpul donasi sebesar Rp22,8 miliar. Sampai saat ini seluruh dana yang digunakan untuk pembangunan RS Indonesia murni dana dari rakyat Indonesia, tidak ada dana pemerintah maupun dana bantuan asing.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »