Presiden Diminta Angkat Munir Jadi Pahlawan Nasional

Sahabat Munir turun ke jalan

Presiden Diminta Angkat Munir Jadi Pahlawan Nasional
BANDA ACEH- Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) di Aceh meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Munir Said Thaib sebagai pahlawan nasional.

Aktivis HAM yang tewas diracun dalam penerbangan Jakarta menuju Belanda itu, dinilai berjasa terhadap negara dan bangsa Indonesia, karena sepanjang hayatnya gencar memperjuangkan penegakan HAM.

Permintaan itu disampaikan belasan pegiat HAM dari beberapa lembaga dalam aksi diam mengenang delapan tahun meninggalnya Munir di Bundaran Simpang Lima, Kota Banda Aceh, Jumat (7/9/2012).

"Usulan kami ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan," kata Zulfikar Muhammad, seorang peserta aksi dari Koalisi NGO HAM Aceh.

Dalam aksi tersebut, mereka memegang foto almarhum Munir dan membagi selebaran keprihatinan atas pembunuhan Munir.

Menurutnya, Munir sangat layak diangkat menjadi pahlawan nasional sesuai yang disyaratkan dalam pasal 25 dan 26 UU nomor 20/2009. Alasannya adalah Munir adalah sosok pemimpin yang melakukan perjuangan terhadap HAM sebagai bentuk gerakan rakyat mengisi kemerdekaan.

"Munir tidak pernah menyerah sampai akhirnya dibunuh dalam terus bekerja dalam penegakan HAM di Indonesia," ujar Zulfikar.

Dalam perjuangannya, Munir telah melakukan tugas melebihi tugas-tugas diemban seorang rakyat biasa. Itu karena negara ini belum serius memenuhi HAM warga negara. "Negaralah yang seharusnya berkewajiban melakukan penegakan HAM," sebutnya.

Perjuangan penegakan HAM dilakukan Munir dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, terutama rakyat Aceh dalam upaya memperoleh keadilan akibat dari pelanggaran HAM dilakukan aparat keamanan baik semasa Daerah Operasi Militer (DOM) hingga Darurat Sipil.

"Ini merupakan karya besar Munir dalam memajukan penghormatan HAM di Indonesia," tukas Zulfikar. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kampus dengan Biaya Hidup Termurah di UK (1)