Polri Buru Buronan Teroris yang Kabur

|

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

Polri Buru Buronan Teroris yang Kabur

JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus melakukan perburuan terhadap buronan teroris bernama Basri yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II Ampana, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, Jumat 19 April 2013 lalu.  

 

"Upaya-upaya pengembangan lebih lanjut terhadap pencarian kelompok jaringan teror yang selama ini masih dianggap sebagai buronan atau yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) masih kita intensifkan di lapangan," ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, di Gedung Humas Polri, Jakarta, Senin (3/6/2013).

 

Boy menambahkan, terkait pelaku bom bunuh diri di Mapolres Poso, Sulawesi Tengah, pihaknya belum bisa memastikan apakah terkait dengan Basri atau kelompok teroris lain.

 

"Siapa pelaku dari kelompok mana, kita belum bisa memberikan penjelasan secara rinci pada siang ini, tapi memang diduga kuat bahwa kegiatan atau tindakan di Mapolres Poso merupakan bagian dari kegiatan kelompok teror yang kerap melakukan hal serupa di beberapa tempat, seperti tahun lalu di Cirebon," paparnya.

 

Seperti diketahui, terpidana kasus terorisme, Basri alias Bagong alias Ayas, melarikan diri dari LP Kelas II Ampana, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah.

 

Basri melarikan diri setelah izin menengok istrinya yang sedang sakit. Saat itu, Basri hanya ditemani seorang petugas lapas berinisial WS.

 

Buronan tersebut merupakan narapidana terorisme dalam kasus pembunuhan mutilasi terhadap tiga orang siswi SMA di Poso 2005. Dia juga terlibat peledakan bom dan penembakan seorang kepala desa di Poso.

 

Setelah beberapa kali menjalani persidangan, Basri alias Bagong akhirnya divonis 19 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Desember 2007 lalu.

(hol)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mata Kuliah "The Simpsons" Jadi Favorit