Budget Besar, Ahok Masih Tak Mampu Entaskan Kemiskinan Ibu Kota

JAKARTA - Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI)  Berly Martawardaya mengatakan, Provinsi DKI Jakarta termasuk daerah yang memilik Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang cukup tinggi yakni mencapai Rp67,1 triliun pada tahun anggaran 2016.

Namun, berdasarkan hasil penelitiannya, Provinsi DKI Jakarta belum mampu mengentaskan kemiskinan, termasuk dalam kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Jakarta stagnan, dengan uang sedemikian besar ternyata tidak berhasil menurunkan angka kemiskinan. Jakarta malah cenderung bertambah kemiskinannya walaupun ada kemungkinan migrasi," ucap Berly di DPP PAN, Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2016.

Berly menambahkan, program-program jaminan sosial yang ditawarkan oleh pemerintah DKI Jakarat masih belum mampu mengurangi kemiskinan.

Bahkan, ia membandingkan budget besar yang dimiliki Ibu Kota, masih kalah dengan tidak sebanding dengan pencapaian Surabaya dan Bandung terkait program pembangunan manusia. Alhasil, masalah kemisminan akan menjadi point bagi para kandidat penantang petahana.

"Jakarta kalah dengan Surabaya dan Bandung soal pembangunan manusia, padahal kita punya akses besar. Ini hadir satu celah penantang," pungkas Berly. (sym)

(fds)
Live Streaming
Logo
breaking news x