Share

Soal Polemik SPMB, UGM Masih Netral

Moch Fauzi Miftah, Sindo · Selasa 11 Maret 2008 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2008 03 11 1 90863

YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) sementara waktu memilih netral. Sikap ini masih terkait polemik antara Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Nusantara dan kelompok Panitia Bersama yang dipelopori sjeumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang keluar dari perhimpunan.

Direktur Administrasi Akademik UGM, Dr Ir Budi Prasetyo dikonfirmasi di Yogyakarta, Selasa (11/3/2008) mengatakan, ternyata Rektor UGM Prof Sudjarwadi belum menentukan sikap terkait hal itu.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Secara teknis dan politis, UGM masih menimbang untuk mengikuti mana sistem yang terbaik bagi penerimaan mahasiswa baru UGM nantinya. Budi menambahkan, Rektor UGM belum mamu memilih sistem Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional (UMPTN) yang dipelopori sejumlah PTN yang keluar dari Perhimpunan SPMB Nusantara ataukah memilih model SPMB.

"Pak Rektor masih memikirkan mana yang terbaik. Tapi yang jelas juga tidak mungkin memilih kedua-duanya," tutur Budi. Rektor UGM menurut Budi, masih melihat perkembangan polemik yang terjadi.

Namun, harapan UGM adalah memilih sesuai tujuan yang semula dicita-citakan, yakni efektivitas, kemudahan calon mahasiswa di daerah manapun untuk bisa mendaftar di UGM dengan mudah, serta tidak terkendala masalah jarak.

Selama ini, kata Budi, setiap tahun selalu ada surat edaran yang dulu dikeluarkan Perhimpunan SPMB Nusantara ke setiap PTN untuk ikut sistem SPMB atau tidak. "Kemudian pihak kampus UGM membalas surat edaran itu dengan menawarkan program studi apa yang diikutsertakan dalam SPMB," terang Budi.

(ism)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini