nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkat Polusi di Depok Mulai Tinggi

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2011 21:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 01 15 338 414292 faxbdZuCS6.jpg Ilustrasi

DEPOK – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok menyebutkan tingkat polusi di sejumlah jalur protokol di Depok sudah diatas angka 50 persen. Kenaikan disebabkan meningkatnya jumlah penduduk akibat migrasi yang diikuti pula dengan pertambahan volume kendaraan, ditambah membludaknya angkutan kota (angkot).

Kepala BLH Kota Depok, Rahmat Subagyo mengatakan setiap hari ratusan ribu kendaraan melintas di Jalan Raya Margonda Depok dengan gas buang hitam pekat. Rahmat menambahkan, terdapat tiga wilayah di Depok yang tingkat polusinya tinggi.

"Jalan Margonda dan Cimanggis sudah diatas 50 persen, sedangkan di Jalan Cinere baru 30 persen. Biasanya kendaraan umum yang mengeluarkan asap hitam. Seharusnya, kendaraan tersebut menjalani uji emisi,” katanya kepada wartawan, Sabtu (15/01/11).

Pihaknya mengaku telah melakukan berbagai upaya menekan tingkat polusi di Depok, salah satunya dengan membuat ruang terbuka hijau (RTH) dan penanaman pohon trembesi di sepanjang Jalan Margonda dan Jalan Juanda. Jumlah pohon trembesi yang ditanam pihaknya bersama dengan dinas terkait lainnya saat ini sudah mencapai 100 pohon, sedangkan di Jalan Juanda mencapai 400 pohon.

"Pohon trembesi efektif mengurangi tingkat polusi. Selain itu kami juga bekerjasama dengan bengkel agar memiliki alat uji emisi. Sehingga kendaraan yang akan service sekaligus melakukan uji emisi," tutur Rahmat.

Aturan ini, sambung Rahmat bersifat mengikat karena telah tertuang dalam Peraturan Walikota Depok No 10 tahun 2010 tentang uji emisi dan perawatan kendaraan bermotor. Sanksi bagi pelanggar, kata Rahmat, belum diatur lantaran belum ada peraturan daerah (perda) tentang hal ini.

"Kami masih menggodok perda ini. Nantinya akan menjadi perda mengenai RTH," tandasnya.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini