Penguatan Peran Alumni ITB, Amir Sambodo Luncurkan "Indonesia Call U!"

M Budi Santosa, Okezone · Sabtu 03 Desember 2011 05:28 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 03 373 537456 Ib59Mlbzuz.jpg

JAKARTA – Dalam rangka  lebih memperkuat peranan Alumni ITB (IA-ITB) di tingkat nasional, kandidat Ketua Umum Ikatan Alumni ITB Amir Sambodo meluncurkan program ‘’Indonesia Call U’’.

‘’Pada dasarnya program ini merupakan program yang bisa menjadi sarana bagi para alumni yang tersebar sehingga bisa lebih berpartisipasi secara aktif di tingkat nasional,’’ kata Amir Sambodo.

Melalui ‘’Indonesia Call U’’, para alumni bisa melakukan review terhadap kebijakan publik, membuat pemetaan masalah yang dihadapi bangsa, dan akhirnya memberikan solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi kepada para pembangku kebijakan, baik di tingkat eksekutif maupun legislatif. ‘’Ada 1000 lebih doktor alumni ITB yang tersebar di seluruh dunia, yang keahlian mencakup berbagai bidang. Tentu saja mereka, sebagai lulusan salah satu perguruan tinggi terbaik, bisa memberikan sumbangsihnya sesuai dengan kapasitas keahliannya masing-masing,’’ kata Amir, alumni Teknik Mesin ’78, yang kini juga menjadi sebagai Staf Khusus Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Untuk itu, jika terpilih sebagai Ketua Umum IA-ITB 2011-2015 dalam Pemilihan Ketua Umum IA-ITB yang berlangsung Sabtu (3/12) akhir pekan ini, Amir Sambodo akan menjembatani aspirasi alumni, khususnya menyangkut review terhadap berbagai kebijakan yang bersifat strategis, ke berbagai lembaga yang terkait, baik di legislatif maupun eksekutif. ‘’Paling tidak, kita akan melakukan hearing dengan DPR setahun sekali,’’ kata Amir Sambodo.

Ditambahkan Amir Sambodo, IA ITB di bawah kepemimpinannya juga melakukan evaluasi kebijakan nasional secara rutin, dua kali setiap tahun. ‘’Kita berharap, melalui evaluasi yang menyeluruh terhadap kebijakan yang strategis, peran alumni akan lebih maksimal pada level kebijakan. Apalagi evaluasi ini tidak hanya melulu bersifat kritis, tapi juga memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada,’’ katanya.

Karenanya, imbuh dia,  diperlukan komunikasi antaralumni yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu, komunikasi itu juga diperlukan di lintas angkatan dan kompetensi. ‘’Untuk keperluan itu, kami akan membangun Plateform Komunikasi dan Informasi Internal IA-ITB lintas keahlian dan profesi,’’ kata Amir Sambodo lagi.

Program lain yang juga akan diluncurkan pada masa kepengurusannya adalah memberikan penghargaan/award kepada inovator alumni/masyarakat/mahasiswa yg memiliki kemampuan mengembangkan inovasi sains, teknologi, dan seni  aplikatif bagi lingkungannya; memberikan rekomendasi profesi dan kompetensi bagi para alumni muda untuk bekerja di berbagai perusahaan para alumni, multinasional, dan BUMN; mengirimkan utusan para ahli alumni ITB yg berprofesi dosen/peneliti ke pertemuan-pertemuan ahli di tingkat regional dan dunia; serta memfasilitasi pengembangan usaha milik para alumni melalui pemasaran/pameran-pameran di luar negeri.

(fer)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini