"Ada Rahasia Dibalik Perdamaian Israel & Mesir"

Aulia Akbar, Okezone · Rabu 28 Desember 2011 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 28 412 548282 H5bmWsKani.jpg Foto : Capres Mesir Mohamed ElBaradei (redactednews)

KAIRO - Salah seorang kandidat Presiden Mesir Mohamed ElBaradei mengatakan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan melakukan apapun untuk mencegah Mesir agar tidak menghapus perjanjian damai dengan Israel. ElBaderei juga yakin, ada dialog rahasia dibalik perjanjian itu.

Dalam wawancaranya dengan media Iran, mantan Ketua Badan Atom Internasional (IAEA) itu juga mengatakan, ada sebuah kesepakatan rahasia antara Amerika Serikat (AS) dan Mesir terkait hubungan Mesir dan Israel pada saat penandatanganan Perjanjian Camp David.

"Negosiasi antara Mesir dan AS dilakukan dengan diam-diam dan rahasia. Militer Mesir sebelumnya mengatakan, pembicaraannya dengan AS adalah untuk membahas kelanjutan bilateral, namun saya yakin, AS ingin memastikan perjanjian damai itu benar-benar berlaku meski kelompok Islam berhasil menguasai pemerintahan Mesir," ujar ElBaradei, seperti dikutip Fars, Rabu (28/12/2011).

Saat ini, dua partai Islam tampil sebagai peraih suara terbanyak dalam pemilihan umum Mesir, mereka adalah Ikhwanul Muslimin dan kelompok Salafi. Kelompok Salafi yang tampil lebih keras daripada Ikhwan dikabarkan akan mengadakan dialog dengan Israel.

Meski demikian, kelompok Ikhwan belakangan ini menilai, perjanjian damai antara Israel dan Mesir merupakan suatu hal yang mencerminkan kecerobohan.

"Sangatlah umum, akan ada pembelajaran dan perevisian sebuah isu yang dilakukan oleh negara yang baru saja mengalami revolusi. Perevisian Perjanjian Camp David akan menjadi prioritas pertama bagi Pemerintahan Mesir yang baru," demikian ujar pejabat senior Ikhwanul Muslimin.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini