UWK Gandeng 17 Rumah Sakit

Jum'at 07 September 2012 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 07 373 686436 4GrqKs4H4s.jpg Image: Corbis

SURABAYA – Universitas Wijaya Kusuma (UWK) terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di kampusnya. Salah satunya adalah menggandeng 17 rumah sakit (RS) yang ada di Jawa Timur.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran UWK Djanggan Sardjowo, kerjasama ini sudah berlangsung cukup lama. Ini juga sebagai upaya menjalankan UU Sisdiknas yang mewajibkan Fakultas Kedokteran memiliki rumah sakit pendidikan, tidak harus dengan membangun. Karenanya, UWK berinisiatif untuk mencari RS Pendidikan dan muncullah ide bekerjasama dengan RSUD di Jatim.

"Ada 17 RS pemerintah yang kami jadikan sebagai RS Pendidikan. Ide ini muncul karena Pak Gubernur (Soekarwo) membuka lebar-lebar supaya perguruan tinggi memanfaatkan RS untuk praktik dan melakukan penelitian. Ini yang tidak dimiliki perguruan tinggi lain," kata Djanggan, kemarin.

Di antara RS yang bekerjasama adalah, RSUD Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Probolinggo, Bangkalan, dan lainnya. Di RSUD ini, mahasiswa-mahasiswa bisa melakukan praktik hingga penelitian. Mereka disebar ke daerah-daerah untuk melakukan praktik keilmuan yang diperoleh di kampus. Kerjasama yang dibangun itu, lanjut Djanggan, menguntungkan kedua belah pihak. RSUD merasa terbantu karena mendapat tambahan tenaga dari UWK, sementara UWK terbantu karena mahasiswa-mahasiswanya bisa langsung praktik di RSUD.

Sebaliknya, UWK memberikan kesempatan kepada dokter-dokter spesialis di RSUD untuk mengajar di UWK. Selain itu UWK juga mengirimkan lima mahasiswa ke Eropa untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Mereka adalah Subhajana Giri dan Hafizh Widicahyono ke Belanda, Tjokarda Raka Gekha Damanjaya ke Denmark, serta Diah Ayu Pitaloka dan Chau Febrian Karisma ke Italia.

Subhanjana Giri mengaku sangat senang dengan terobosan dalam memajukan pendidikan. Dia menilai, UWK sangat serius untuk bekerja lebih baik dan go international. "Keberangkatan kami sebagai bukti keseriusan UWK. Saya yakin UWK akan bangkit," katanya. (arief ardliyanto/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini