Share

ASEAN adakan Kerja Sama Maritim dengan India

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Sabtu 22 Desember 2012 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 22 411 735786 Lkg8rBG0of.jpg Foto : bendera negara ASEAN (IST)

NEW DELHI – ASEAN menyepakati kerja sama  di bidang maritim dengan India. Kerja sama tersebut diumumkan oleh kedua belah pihak dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan India yang diadakan di New Delhi, India.

Kerja sama maritim tersebut diadakan di tengah-tengah memanasnya keadaan di Laut China Selatan. Beberapa negara ASEAN seperti Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei Darusallam memiliki sengketa atas wilayah Kepulauan Spratly di Laut China Selatan dengan China.

Sebelumnya pihak India sempat menyatakan negaranya siap untuk terlibat dalam sengketa tersebut apabila kepentingan ekonomi India di wilayah itu diganggu oleh China. India memiliki proyek ekplorasi migas di perairan Vietnam yang juga diklaim China sebagai wilayahnya.

Vietnam dan Filipina pun meminta India untuk melakukan tindakan aktif dalam penanganan sengketa di Laut China Selatan. Kedua negara ASEAN itu mencoba mendapatkan dukungan internasional akan klaim mereka di Laut China Selatan.

Walaupun begitu, India menyatakan bahwa pihaknya hanya akan terlibat dalam masalah Laut China Selatan apabila kepentingan India disana terganggu. Negara tersebut menyatakan mereka tidak ingin mengintervensi urusan yang dimiliki antara negara-negara ASEAN dengan China.

“Saya kira pada dasarnya India tidak perlu ikut campur terlalu dalam terkait masalah di Laut China Selatan, semua pihak yang terlibat haruslah menyelesaikan sengketa mereka secara damai,” ujar Menteri Luar Negeri India Salman Kurshid, seperti diberitakan Reuters, Sabtu (22/12/2012).

Namun India mengimbau agar prinsip kebebasan untuk berlayar tetap dijalankan di Laut China Selatan. Sebelumnya China menyatakan pihaknya akan memeriksa kapal-kapal yang melewati Laut China Selatan dan akan menindak kapal yang dianggap melanggar kedaulatan China.

Dalam kerja sama maritim yang disepakati oleh ASEAN dengan India, kedua belah pihak setuju untuk terus menjalankan prinsip kebebasan berlayar di wilayah perairan di kawasan.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini