Share

India Keberatan dengan Kerja Sama Militer Pakistan & Korut

Aulia Akbar, Okezone · Senin 01 Juli 2013 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 01 413 829967 TE0WTV3RH3.jpg Foto : Menlu India Salman Khurshid (The News Tribe)

NEW DELHI - Menteri Luar Negeri India Salman Khurshid akan mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Pak Ui-Chun di sela Forum Regional ASEAN (ARF) hari ini. Pertemuan itu dipandang sebagai pertemuan yang cukup langka.

Dalam pertemuan itu, Khursid akan memaparkan kekhawatiran Negeri Bollywood tentang kerja sama nuklir dan militer yang dilakukan Korut bersama Pakistan. Setelah bertemu dengan Pak, Khursid juga akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di sela Konfensi Asia Timur (EAS).

Pertemuan Khursid dan Pak dinyatakan sebagai pertemuan yang langka karena kontak pejabat tinggi antara India dan Korut memang sangat minim. Pertemuan antar-pejabat tinggi India dan Korut terakhir dilakukan pada 1998 silam. Demikian, seperti diberitakan Deccan Herald, Senin (1/7/20130.

Pada 1998 Mukhtar Abbas Naqvi yang menjabat sebagai Menteri Informasi dan Penyiaran mengunjungi Pyongyang. Sebelum Naqvi, kunjungan kenegaraan sempat dilakukan mantan Wakil Presiden Shankar Dayal Sharma pada 1992.

Seperti diketehaui, pertemuan ARF yang berlangsung di Bandar Sri Begawan, Brunei Darusallam, akan dipenuhi oleh pembahasan seputar Semenanjung Korea.

ARF siap memaksa Korut menaati Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dan komitmen yang sudah mereka utarakan dalam Six Party Talk 2005 silam. Pertemuan itu juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini