Jokowi Akan Hadiri HUT ke-25 Kemitraan ASEAN-India

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 15 Januari 2018 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 18 1845248 jokowi-akan-hadiri-hut-ke-25-kemitraan-asean-india-8OEQZjxQrg.jpg Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri India, Narendra Modi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri acara ASEAN Plus India Meeting dalam rangka memperingati 25 Tahun Kemitraan ASEAN dengan India pada akhir bulan ini. Acara tersebut dijadwalkan digelar di New Delhi pada 25 Januari 2018.

BACA JUGA: Menlu India Kunjungi Indonesia Pada 5 Januari

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memastikan kunjungan Kepala Negara ke India itu. ‎Sehingga, pemerintah telah melakukan evaluasi sejumlah kerjasama guna mempererat hubungan bilateral antara Indonesia-India.

‎"Presiden akan ke India akhir bulan ini dalam rangka ASEAN Plus India Meeting jadi memperingati ulang tahun antara ASEAN ‎dan India dan mengadakan meeting di sana," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Mantan Panglima ABRI itu telah menggelar rapat koordinasi bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Indonesia (BIN) dan Kemenkumham guna melakukan evaluasi hasil dari pertemuan bilateral antara Indonesia dengan India pada Selasa 9 Januari 2018 kemarin.

Pertemuan bilateral yang diadakan di India itu langsung dipimpin Menko Polhukam Wiranto ‎dengan melaksanakan The First Indonesia-India Security Dialogue (IISD-1). Ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2016 silam.

Sejumlah kerjasama telah disepakati Indonesia-India di antaranya dalam memproduksi Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) dan sejumlah permasalahan siber hingga patroli di bidang kemaritiman.

‎Selain itu, kerjasama Indonesia-India juga meliputi penanggulangan permasalahan terorisme, dan pencegahan pembiayaan terorisme hingga menyikapi berbagai persoalan sengketa yang ada di Laut Cina Selatan.

BACA JUGA: Bahas Peningkatan Kerjasama, India dan ASEAN Gelar Pertemuan Think Tank AINTT-5

"Presiden akan hadir di sana. Sehingga hasil evaluasi tadi akan kita lapor ke Presiden dan beliau punya satu pandangan yang sangat luas tentang hubungan antara Indonesia dan India‎," pungkas Wiranto.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini