Kosovo Gagal Capai Perdamaian dengan Serbia

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Kamis 21 Maret 2013 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 21 414 779312 W0KLoynZFe.JPG Catherine Ashton (Foto: Reuters)

BRUSSELS – Kosovo dilaporkan gagal mencapai kesepakatan perdamaian dengan Sebia pada pertemuan yang diselenggarakan Rabu 20 Maret kemarin. Kedua belah pihak akan melanjutkan negosiasi pada 2 April mendatang.

Proses negosiasi antara Kosovo dengan Serbia disponsori oleh Uni Eropa (UE). Perdamaian antara kedua belah pihak penting artinya untuk proses masuk Serbia ke dalam UE.

Negosiasi tersebut harus sudah memberikan hasil sebelum pertengahan April mendatang. Saat itu Uni Eropa akan memutuskan apakah akan melanjutkan proses masuk Serbia atau tidak.

“Saya harap kami sudah dapat mencapai kesepakatan perdamaian dalam pertemuan pada 2 April mendatang,” ujar Kepala Hubungan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton, seperti dikutip Reuters, Kamis (21/3/2013).

Konflik antara Kosovo dengan Serbia terjadi sejak tahun 2008 lalu. Saat itu Kosovo secara sepihak memerdekakan dirinya dari Serbia, aksi yang sampai saat ini tidak diakui oleh Serbia.

Serbia pun masih menguasai beberapa wilayah Kosovo yang mayoritas penduduknya adalah etnis Serbia. Warga di wilayah tersebut menolak diperintah oleh Kosovo yang dikuasai oleh etnis Albania.

Masuknya Serbia ke dalam Uni Eropa disebut akan membantu memperbaiki kondisi politik dan ekonomi negara itu yang hancur akibat bertahun-tahun dilanda perang saudara. Serbia sendiri adalah kekuatan ekonomi terbesar di wilayah bekas Yugoslavia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini