Share

Turki Siap Akhiri Konflik Siprus

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Jum'at 17 Mei 2013 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 17 414 808713 5NR2NP1N1g.JPG Recep Tayyip Erdogan (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Pemerintah Turki siap mengakhiri konflik di Siprus. Hal itu disampaikan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS) pekan ini.

 

“Saya percaya konflik itu dapat diakhiri,” ujar Erdogan, seperti dikutip Reuters, Jumat (17/5/2013).

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

 

Turki adalah pendukung aksi separatisme warga keturunan Turki di Siprus. Turki selalu memberikan bantuan kepada kelompok separatis tersebut.

 

Negeri bekas Kekaisaran Ottoman itu merupakan satu-satunya negara yang mengakui Negara Siprus Utara yang didirikan kelompok separatis. Turki bahkan menempatkan 30 ribu pasukannya di Siprus untuk melindungi kelompok separatis.

 

Hal itu membuat Turki menjadi aktor penting dalam konflik Siprus. Perdamaian di Siprus tidak akan tercapai tanpa persetujuan Turki.

 

Konflik Siprus selama ini menjadi batu ganjalan Turki di dunia internasional. Konflik itu menjadi salah satu penyebab gagalnya Turki menjadi anggota Uni Eropa (UE) hingga kini.

 

Siprus memang telah lebih dahulu menjadi anggota UE. Negara itu pun selalu menghalangi upaya Turki untuk menjadi anggota.

 

Namun sikap Siprus kini melunak kepada Turki. Krisis Euro membuat Siprus membutuhkan bantuan Turki untuk memeperbaiki kondisi ekonominya.

 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini