Indomaret & Alfamart Diboikot di Banyuwangi

Mustholih, Okezone · Sabtu 01 Maret 2014 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 01 521 948642 YGlJe0n2GN.jpg Abdullah Azwar Anas (ketiga kanan) menyampaikan pandangannya pada diskusi "Reformis Hibrida - Reformis Horizontal" di Jakarta. (Foto Antara)

JAKARTA - Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas, mengeluarkan kebijakan anti-Alfamart dan anti-Indomaret di wilayah yang sekarang dia pimpin. Azwar sudah tiga tahun menjadi Bupati Banyuwangi, Jawa Timur.

 

"Banyuwangi tidak ada Alfamart dan Indomart. Tidak saya izinkan ada mal di tengah kota. Di kecamatan Genteng saya izinkan bangun mal," kata Anas di diskusi bertema Reformis Hibrida, Reformis Horizontal di Jakarta Teater, Jakarta Pusat, Sabtu (1/3/2014).

 

Selain itu, Anas mengklaim berhasil membawa Banyuwangi melakukan renegosiasi kontrak tambang emas dari hanya keuntungan dua persen menjadi 10 persen. "Emas di Banyuwangi mendapat golden sell 10 persen dari 2 persen. Ini terjadi untuk pertama kali. 3 tahun kemiskinan 20 persen menjadi 9 persen," ujar Anas menambahkan.

 

Bahkan, Azwar mengaku siap menghadapi Asean Free Trade Area (AFTA) 2015. Azwar mengatakan sudah membekali petani Banyuwangi agar mendaftarkan hak kekayaan intelektual mereka ke pemerintah.

 

"Saya memberi kesempatan masyarakat yang hampir kebanyakan adalah petani agar mendaftarkan diri hak kekayaan intelektualnya. Karena banyak di antara petani ini memiliki ide cemerlang, hanya saja mereka tidak memiliki pendidikan," ungkap Anas.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini