Presiden China Sampaikan Ucapan Duka Atas Insiden TransAsia

Andreas Gerry Tuwo, Okezone · Kamis 24 Juli 2014 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 413 1017273 bPecI4iB4j.jpg Presiden China Sampaikan Ucapan Duka Atas Insiden TransAsia (Reuters)

BEIJING - Presiden China, Xi Jingping menyampaikan rasa duka yang mendalam atas jatuhnya pesawat Transasia. Pesawat itu jatuh pada Rabu 23 Juli 2014, waktu setempat.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan (SCTAO). Dari keterangan SCTAO, ucapan bela sungkawa Xi disampaikan di sela-sela kunjungannya ke Amerika Selatan.

"Presiden Xi menyampaikan rasa duka yang mendalam setelah mendengar insiden ini menyebabkan banyak korban," sebut pernyataan resmi SCTAO, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (24/7/2014).

Ditambahkan SCTAO, Otoritas Taiwan langusng menghubungi China setelah insiden Transasia. Pemerintah China, diakui mereka, segera memberi respons positif. China berjanji akan memberikan bantuan yang diperlukan Taiwan.

Seperti diketahui, Hubungan China dan Taiwan acap kali berada di titik nadir. Namun, pada tahun ini kedua negara tengah mencoba merestorasi hubungan.

Hal ini dibuktikan dengan kedatangan seoarang pejabat tinggi China ke Taiwan beberapa waktu lalu. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama pejabat tinggi China setelah Taiwan mendeklarisakan kemerdekaan.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini