Share

Pemilu 2014 Bukti Demokrasi di Indonesia Makin Matang

Arief Setyadi , Okezone · Jum'at 15 Agustus 2014 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 15 568 1024944 akugDheJ5k.jpg Marzuki Alie

JAKARTA- Indonesia akan memasuki usia kemerdekaan ke-69 tahun. Peringatan kemerdekaan yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2014 diharapkan bisa menjadi momentum berharga bagi segenap bangsa Indonesia menuju demokrasi yang lebih baik.

"Karena menjelang hari kemerdekaan tahun ini, bangsa kita telah melewati proses demokrasi yang makin matang melalui Pemilu Legislatif maupun pemilu presiden/wakil presiden 2014," kata Ketua DPR RI Marzuki Alie di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2014).

Marzuki mengatakan, pelaksanaan pemilu telah berjalan dengan lancar dan aman. Hal ini telah menunjukkan kedewasaan dan kematangan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi, kendati ada beberapa catatan dalam penyelenggaraannya.

"Tentunya menjadi pembelajaran bagi kita semua, agar pelaksanaan pemilu di masa yang akan datang akan semakin berkualitas, menghasilkan para pemimpin/wakil-wakil rakyat yang dapat memenuhi harapan masyarakat," tuturnya.

Sehingga bisa membawa bangsa Indonesia menuju cita-cita kemerdekaan, yaitu bangsa yang berdaulat, bangsa yang merdeka, bersatu, adil dan makmur. Marzuki memahami adanya ketidakpuasan terhadap hasil pemilu, karena sesungguhnya Undang-undang telah memberikan ruang penyelesaian dalam rangka menegakkan kebenaran, kejujuran dan keadilan serta menjaga kualitas demokrasi.

Sementara itu, sehubungan dengan gugatan Pilpres 2014, semua masih menunggu keputusan MK. Ia pun berharap, kematangan di dalam berdemokrasi akan memberikan jalan tercapainya cita-cita dan tujuan dalam memuwujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera.

" Putusan MK mengenai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, harus dihormati seluruh rakyat Indonesia,"pungkasnya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini