Semangat Merah Putih di Kampus Indonesia

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 18 Agustus 2014 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 18 373 1026163 hL7JTtBcfe.jpg Ilustrasi: Upacara bendera di UGM, lomba makan kerupuk di ITS. (Foto: dok. UGM & ITS)

JAKARTA -  Meski bertepatan dengan hari Minggu, civitas akademika di seluruh Indonesia tetap semangat menjalani upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia.  Bahkan, kemeriahan perayaan HUT RI di kampus kian terasa usai upacara.

Di antara kampus yang menyelenggarakan upacara bendera HUT ke-69 Republik Indonesia adalah Universitas Andalas (Unand), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Upacara diikuti para pimpinan perguruan tinggi, dosen, pegawai dan mahasiswa. 

Peringatan HUT RI tahun ini mengusung tema "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera".  Para rektor yang memimpin upacara tersebut menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh.

Menurut Mendikbud, semakin sulitnya tantangan di masa depan membuat Indonesia membutuhkan generasi muda yang mampu mengelola kesulitan tersebut sesuai zamannya. Mendikbud pun menekankan pentingnya anak Indonesia mendapatkan layanan pendidikan yang semakin terjangkau dan semakin berkualitas sedini mungkin (start earlier), setinggi mungkin (stay longer), dan mampu menjangkau seluas mungkin (reach wider).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para rektor menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 30, 20, dan 10 tahun dari Negara Republik Indonesia kepada para staf berdedikasi. Nah, selesai upacara bendera, saatnya larut dalam kegembiraan perayaan HUT ke-69 RI.

Di ITS misalnya, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (Tekkim) menggelar berbagai mengadakan kegiatan lomba Agustusan. Cabang lomba yang digelar sebenarnya seperti umumnya lomba Agustusan, namun agar lebih menarik, panitia pun memodifikasi lomba.

Misalnya, lomba makan kerupuk. Lomba ini diikuti peserta kelompok. Mata orang yang ditunjuk memakan kerupuk akan ditutup, dan sisa anggota kelompok akan mengarahkannya mencari kerupuk. Ada juga lomba senam muka yang membuat tidak hanya peserta, tapi juga panitia dan penonton terpingkal-pingkal.

Acara yang diikuti oleh berbagai angkatan ini pun menjadi wadah berkumpul mahasiswa. Nah, bagaimana dengan perayaan HUT RI di kampusmu?

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini