Share

Jokowi Butuh Sosok Petarung

Qur'anul Hidayat, Okezone · Rabu 27 Agustus 2014 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 27 567 1030766 2Os65FL2tK.jpg Jokowi (Dok Okezone)

JAKARTA - Kursi menteri di era pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla masih menjadi bola panas yang terus bergulir. Menanggapi hal itu, Pengamat politik dari Centre For Strategic and International Studies (CSIS) J. Kristiadi memberikan kriteria menteri untuk pemerintahan selanjutnya.

 

"Jokowi harus konsisten dengan janji kepada rakyat, harus tunduk kepada konstitusi dan kehendak rakyat. Sehingga tidak ragu cari orang kompeten dan integritas  tinggi," ungkapnya saat ditemui di Kantor CSIS, Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Rabu (27/8/2014).

 

Selain memilih orang yang tepat, Jokowi-JK juga menurutnya harus memiliki "pembantu" yang cepat belajar dalam pemetaan masalah. Para menteri itu juga diharapkan memiliki karakter petarung.

 

"Tidak semua orang kompeten secara mendadak, maka penting memilih secara komprehensif orang yang quick learner dan petarung," bebernya.

 

Karakter petarung yang dimaksudkan Kristiadi adalah dalam hal keberanian mencegah terjadinya kejahatan birokrasi yang marak terjadi saat ini. "Banyak departemen butuh petarung yang secara teknis berani bertarung dengan birokrasi dan konglomerasi hitam yang menguras sumber daya," tuntasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini