nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polwan Harus Duduki Jabatan Fungsional

Awaludin, Jurnalis · Senin 01 September 2014 18:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 01 500 1032799 c5hsveRhgN.jpg Polwan Harus Duduki Jabatan Fungsional (foto: Okezone)

JAKARTA - Menjadi Polisi Wanita (Polwan) tidaklah semudah yang dibayangkan. Contohya, Komisaris Polisi Sri Rahayu Lestari (51), sudah menjadi Polwan selama 30 tahun dan mengabdi untuk kepentingan masyarakat.

Komandan Sri, begitu sapaan akrabnya, mengaku harus membagi waktu antara pekerjaan dengan mengurus anaknya dan peranan menjadi Ibu rumah tangga.

"Sukanya itu saya bisa berhubungan langsung dengan masyarakat mas, sudah 30 tahun menjadi Polwan. Dan rasa dukanya menjadi Polwan ialah berkumpul dengan keluarganya menjadi kurang, saya harus bekerja mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam," ujar Sri saat berbincang dengan Okezone, Senin (1/9/2014).

Ibu seorang anak ini mengaku, harus bekerja mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Sehingga, intensitasnya bersama keluarga sangat kurang.

"Kadang-kadang waktu bertemu dengan keluarga kurang. Kita hari sabtu dan hari minggu bisa masuk, berangkat pagi pulang malam. Saat sampai rumah saya menanyakan ke anak apakah ada pekerjaan rumah atau tidak, yang penting bisa berbagi waktu. Menjadi polisi itu tidak menghilangkan peran saya jadi orangtua," tutur wanita yang tinggal di wilayah Pamulang, Tangerang Selatan tersebut.

Beruntung, pihak keluarga mendukung dirinya untuk berkarir di dunia kepolisian. Selain itu, suami tercintanya berprofesi sebagai polisi yang saat ini bertugas di Lido, Sukabumi, Jawa Barat berpangkat AKBP.

"Alhamdulilah keluarga mendukung, suami juga polisi dan bertugas di Lido," lanjut wanita kelahiran Tulung Agung, Jawa Timur tersebut.

Sri pun menceritakan, awal mulanya dirinya menjadi polisi dari 1984, dinas pertama di Polda Metro Jaya hingga beberapa tahun. Lalu, pada tahun 1995 pindah ke Mapolres Jakarta Barat yang saat ini dipimpin oleh Kombes Pol Fadil Imran.

"Dari tahun 1984 saya sudah masuk di kepolisian, dinas pertama di Polda Metro Jaya dan pada tahun 1995 saya dipindahkan ke Polres Jakarta Barat sampai sekarang," tutur wanita menjabat sebagai Kepala seksi pengawasan (kasiwas) Polres Metro Jakbar itu.

Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Wanita Indonesia yang ke-66, Sri berharap, agar anggota Polwan bisa menduduki jabatan fungsional dan memimpin wilayah menjadi kapolres, kapolsek, bahkan kapolda.

"Harapannya Mudah-mudahan Polwan semakin menduduki jabatan fungsional, tidak hanya sebagai Wakil Polsek (Waka), Kapolres, Kapolsek, bahkan jadi Kapolda. Jadi dikasih kesempatan untuk berkarir," harap Sri.(fid)

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini