nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisuda Bukan Akhir dari Proses Belajar

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Kamis 02 Oktober 2014 15:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 02 373 1047339 SPgMK9Lg7r.jpg Wisuda menandai selesainya masa kuliah seseorang. Tetapi, proses belajar seharusnya terus berjalan. (Foto: Rachmad Faisal/Okezone)

JAKARTA - Wisuda menandai selesainya masa kuliah seseorang. Tetapi, proses belajar seharusnya terus berjalan.

Inilah pesan utama Rektor Universitas Jayabaya Prof H Amir Santoso kepada 701 wisudawan-wisudawati yang dikukuhkan hari ini. Amir berharap, ilmu yang didapatkan para lulusan dapat menjadi bekal untuk mampu berkarya dan mengubah aneka tantangan menjadi peluang, serta sanggup menciptakan kesempatan dan lapangan kerja.

Meski sudah dilepas secara resmi, kata Amir, wisuda bukanlah anak tangga terakhir dari proses belajar. Sebab, pada dasarnya proses menimba ilmu pengetahuan tidak berujung.

"Saudara-saudara masih harus terus belajar dan mencari pengetahuan baru dalam masyarakat. Tanamkan rasa kebanggaan saudara-saudara itu di tengah-tengah masyarakat dengan membuktikan dedikasi yang tinggi dan hasil karya yang optimal bagi kemaslahatan bangsa, negara dan kemanusiaan," ungkap Amir dalam sambutan Sidang Senat Terbuka dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-56 yang dirangkaikan dengan Pelantikan Wisudawan, di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (2/10/2014).

Menurut Amir, para wisudawan-wisudawati ini adalah generasi baru yang diharapkan mampu berkiprah di era globalisasi. Oleh karena itu, mereka perlu menyadari bahwa era globalisasi tidak hanya menuntut kemampuan untuk bersaing dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi juga menuntut komitmen moral sebagai putra-putri bangsa.

"Era kesejagatan janganlah sampai menarik akar saudara-saudara sebagai putra-putri bangsa, tapi hendaknya tetap konsisten bersama-sama warga bangsa lainnya untuk terus berkarya dengan dilandasi semangat pengabdian dan etos kerja yang tinggi," imbuhnya.

Sebanyak 701 wisudawan-wisudawati yang dilantik hari ini berasal dari program Doktor Ilmu Hukum (tiga orang) dan Magister (267 orang). Sedangkan lulusan jenjang S-1 terdiri 105 lulusan dari Fakultas Ekonomi (FE), 130 lulusan dari Fakultas Hukum (FH) dan 31 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Selain itu, lulusan S-1 lainnya yaitu berasal dari Fakultas Teknologi Industri (54 orang), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (14 orang), Fakultas Ilmu Komunikasi (35 orang), dan Fakultas Psikologi (delapan orang). Di samping itu, terdapat pula sejumlah lulusan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer sebanyak 39 orang, Akademi Akuntansi sebanyak 13 orang, dan Akademi Manajemen Perusahaan sebanyak lima orang.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini