Ahok Akan Sulap Jakarta Jadi Tokyo

Reni Lestari, Jurnalis · Kamis 02 Oktober 2014 15:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 02 500 1047382 VgyGlCkHDs.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) bermimpi menjadikan Jakarta serupa Tokyo, di Jepang. Kota dengan populasi kendaraan cukup tinggi namun tertata dengan baik.

 

Langkah-langkah Ahok untuk menyulap Jakarta menjadi Tokyo antara jalan berbayar alias Electronic Road Pricing (ERP) dan parkir meter.

 

"Enggak apa-apa. Nanti kita upayakan dengan ERP dan parkir meter yang mahal. Kemarin sudah bikin rakor antar provinsi kita dengan provinsi yang lain. Saya belum dapat laporan hasil rakor," ucap Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (2/10/2014).

 

ERP merupakan jalan berbayar elektronik yang akan diterapkan di beberapa jalan protokol yang selama ini sistem kawasan pembatasan penumpang (KPP) atau dikenal dengan kawasan 3 in 1. Sistem ini dianggap kurang efektif dan bakal diganti jalan berbayar.

 

Untuk mengurai kemacetan, Ahok juga mengadopsi tata kota Tokyo dengan memperbanyak pembangunan jalan layang.

 

"Ada jaringan 16 tol, tol paling murah dan gampang dibangun itu layang. Jepang juga sama melakukan itu. Kita benar dong," ucapnya.

 

Dengan langkah-langkah ini Ahok berharap bisa secepatnya menjadikan Jakarta menjadi little Tokyo. "Jakarta akan adopsi mirip Tokyo. Kalau Tokyo kan modern, kalau kita masih ada Kota Tua, ada khas Betawi, kampung-kampung," pungkas Ahok.

 

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini