nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taruna K Kusmayadi

Fitri Yulianti, Jurnalis · Senin 08 Desember 2014 17:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 08 17 1076281 taruna-k-kusmayadi-8MDyuDSjVB.jpg Taruna K Kusmayadi (Foto: Arfiansyah/Okezone)
NAMA Taruna K Kusmayadi tidak asing bagi para pelaku maupun pemerhati fashion Tanah Air. Dengan kejeniusannya, dia menjadi nakhoda bagi Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) selama sembilan tahun belakangan.
 
Nuna, begitu dia biasa disapa, merupakan Ketua Umum Pusat Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Menjadi seseorang yang aktif di dunia fashion sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh Taruna K Kusmayadi.
 
Anak ketiga dari delapan bersaudara ini tumbuh besar di Jakarta. Ayahnya seorang tentara Angkatan Laut sedangkan ibunya pegawai negeri. Nuna tidak pernah membayangkan dirinya akan menjadi desainer busana walaupun semasa kecil, dia diandalkan sang ibunda untuk dimintai saran dalam memadupadankan kebaya serta selendang.
 
Sebelumnya, dia justru bercita-cita masuk jurusan seni rupa sebuah perguruan tinggi di Bandung. Sayang, dia gagal. Nuna pun mengambil jurusan akuntansi di Central California Commercial College, Amerika Serikat.
 
Perjalanan Nuna kemudian sebagai seorang desainer dan penggiat dunia mode diawali dengan mengambil jurusan Fashion Merchandising di California State University of Fresno, Amerika Serikat. Minatnya pada dunia fashion semakin kuat dengan menempuh jurusan Fashion Design di Institute of Technology, New York, Amerika Serikat.
 
Pria bernama asli Taruna Kusmaryuda ini menyukai keindahan, juga penggemar batik dan kain-kain tradisional yang unik. Inilah yang mengarahkan minatnya pada fashion. Passion yang besar pada dunia fashion membuatnya memiliki sejumlah pengalaman, antara lain menjadi desainer dan merchandiser di perusahaan denim dan garmen terkemuka, hingga merilis label pribadinya di department store sejak 1992.
 
Nuna tidak hanya menjadi perancang, tapi juga organisatoris yang baik. Salah satu gelaran fashion akbar besutan APPMI adalah Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) yang diadakan setiap tahun. Di tangannya, APPMI juga berkembang pesat. APPMI membuka banyak cabang baru di berbagai daerah dengan jumlah anggota perancangnya kian bertambah. Asosiasi ini juga sudah bergabung dalam Asian Fashion Federation.
 
APPMI tahun ini genap berusia 21. Nuna sendiri telah menjadi nakhodanya selama dua periode hingga tahun 2015 mendatang. Melalui Nuna, APPMI ingin seluruh busana kreasi para desainernya lebih menguatkan sisi Indonesia. Nuna berharap bahwa asosiasi yang digawanginya ke depan mampu memengaruhi kebijakan pemerintah dalam urusan tren mode asli Indonesia. Selain itu, keberadaan APPMI bermanfaat untuk para pelaku industri fashion Tanah Air. Masyarakat Indonesia dan dunia juga diharapkan mampu memberikan apresiasi pada hasil karya para desainer Indonesia. 
 
Profil
Nama: Taruna Kusmaryuda Kusmayadi
Lahir: Surabaya, 28 Juli
Profesi: Perancang busana, Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) 
 
Pendidikan:
1981-1983, Jurusan Akuntansi Central California Commercial College, Amerika Serikat
1983-1986, Jurusan Fashion Merchandising California State University of Fresno, Amerika Serikat
1987-1990, Jurusan Fashion Design Fashion Institute of Technology, New York, Amerika Serikat
 
Pengalaman:
1987-1990, Assistant senior stylist di Head Office of Frostman, New York
1990-1991, Desainer & merchandiser di perusahaan denim, Indonesia
1992-1997, Desainer perusahaan garmen Bowman yang berpusat di Hong Kong
1992-1997, Mengeluarkan label Nuna
1999-2005, Ketua Harian Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI)
2005-2015, Ketua Umum APPMI dua periode
2007-sekarang, Mengeluarkan label Tzi
1999-sekarang, Dosen fashion di Institut Kesenian Jakarta
2008-sekarang, Dosen fashion di Sekolah Tinggi Desain Interstudi

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini