nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abdul Qodir Jaelani

Chaerunnisa, Jurnalis · Selasa 09 Desember 2014 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 12 09 17 1076699 abdul-qodir-jaelani-aqLZEcfEW3.jpg Abdul Qodir Jaelani

ABDUL Qodir Jaelani atau dikenal sebagai Dul, lahir di Jakarta, Indonesia, 23 Agustus 2000.

Dul merupakan seorang musisi berkebangsaan indonesia yang juga merupakan bass dari grup musik the lucky laki, dan juga pemain gitar sekaligus penyanyi dari grup musik Backdoor. Dul adalah penulis lagu andal berusia muda.

Latar belakang pribadi dan karier

The Lucky Laki adalah band dari lima bersaudara Al, El, Dul, Dashel, Raffi. Awalnya, The Lucky Laki hanya beranggota tiga orang, yaitu Al, El, dan Dul. Lalu Dashel, dan Raffi bergabung dengan The Lucky Laki pada tahun 2010.

Formasi ini mulai dikenal saat The Lucky Laki tampil di salah satu acara kompetisi bernyanyi di televisi yang bermama Indonesian idol. Setelah merilis lagu aku bukan superman dan sahabat yang masih beranggota tiga orang, the lucky laki kembali merilis lagu baru mereka yang bejudul asboys (aku suka bersama orang yang aku suka). Yang tentu sudah beranggota lima orang.

Berjalannya waktu, dul mulai mencintai musik grunge dan dia membuat grup musik beraliran grunge yang bernama backdoor pada tahun 2013. Awalnya posisi dul di dalam backdoor adalah pemain bass dan vokalis, setelah itu dul menjadi pemain gitar sekaligus vokalis untuk backdoor sejak 2 pemain gitar (emyr dan rifo) keluar dari Backdoor.

Punya mobil mewah

Saat merayakan ulang tahunnya abdul qodir jailani (dul) berbinar-binar. Selain ulang tahunnya dirayakan bareng dengan ibu tirinya, mulan jameela, dul juga mendapatkan hadiah mobil mewah dari ayahnya, ahmad dhani. Mantan suami maia estianty ini sempat mempertimbangkan hadiah untuk dul tersebut, mengingat dul masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

Saat merayakan ultahnya yang ke-13, selain mendapatkan hadiah mobil dari sang ayah, dul juga mendapatkan surprise. Sang pacar datang dan memberikan selamat. Saat kecelakaan di kilometer 8 tol jagorawi pun, dul ternyata usai mengantarkan pacarnya di bogor, setelah malam mingguan.

Okezone sempat sedikit berwawancara dengan salah satu personil the virgin karena dul menceritakan sedikit kejadian kecelakaan maut yang dialaminya kepada personel the virgin, dara dan mitha.

Menurut mitha, dul sedikit lupa dengan kejadian yang menewaskan tujuh orang itu. Dul hanya ingat ketika hendak mencoba menyalip kendaraan yang ada di depannya. Karena ruang dan waktu yang tidak tepat untuk menyalip, mobil yang dikendarai dul menabrak pembatas jalan dan masuk ke jalur berlawanan.

Tak ada yang diingat Dul. Dia hanya ingat mobilnya merangsek, dan menabrak mobil yang di lajur berlawanan. Anak ketiga ahmad dhani itu sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kecelakaan maut tersebut.
 

Kontroversi lagu ciptaan Dul Negara Kacung

Dul baru saja menciptakan sebuah lagu baru bertajuk negara kacung. Lagu bergenre grunge/rock ini penuh kontroversi, track berdurasi 8 menitan itu memiliki lirik sindiran yang tajam menusuk.

Pada bait pertama saja kita sudah langsung dibuat terkejut mengenai keberanian putra ahmad dhani itu untuk melantunkan nada kritikan pada negeri ini. Menurutnya, indonesia terlalu banyak diintervensi oleh campur tangan negara luar yang akhirnya membuat kita layaknya sebuah negara budak.

Dibudaki negeri asing 

Buat negeri ini jadi pusing

Oh padahal bambu runcing

Buat kita masih bisa kencing

Di bait berikutnya, Dul lebih spesifik dengan menyebut bahwa para koruptor telah banyak memakan harta negara. Padahal masih banyak rakyat jelata yang hidup di antara kemiskinan.

Berak berak koruptor

Buat negeri ini jadi kotor

Padahal masih banyak yang butuh kompor

Biar bisa bikin telor 

Beralih ke Chorus, Dul makin berani dengan terang-terangan melempar nada kritik untuk para pemerintah. Dia menilai, Indonesia merupakan negara kacung (budak) di mana para pemerintah cuma memikirkan diri sendiri dari pada rakyat di bawahnya.

Aku berada di negara kacung

Yeeeee...

Negara kampung

Hey pemerintah, lihatlah pemulung

Jangan fokus isi lambung

Yeeeee... 

Di dua bait terakhir, dul menyebut bahwa setelah merdeka selama puluhan tahun, indonesia malah semakin berantakan. Namun pemuda yang baru saja dinyatakan bebas atas hukuman penabrakan itu tetap menyebut bahwa ia cinta pada indonesia karena ini adalah tempatnya lahir dan dibesarkan.

Sembilan belas empat puluh lima

Kita merdeka

Tapi kok lama lama

Kita celaka 

Saat pertama buka mata

Aku telah ada di sini

Walaupun negeri ini sudah buta

Aku tetap cinta negara ini

Meski isi liriknya sangat sedikit, Dul sudah memberikan sumbangsih dalam upaya pemberantasan korupsi.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini